November, Capaian Kinerja Pemkot Makassar Baru Mencapai 55 Persen

Iqbal Suhaeb
Penjabat Wali Kota Makassar M. Iqbal Samad Suhaeb

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar M. Iqbal Samad Suhaeb mengatakan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan dalam beberapa bulan terakhir berada pada pusaran dan transformasi modern.

Hal itu terbukti dengan raihan beberapa penghargaan Kota Makassar pada bidang inovasi.

“Dan itu bukanlah hal yang baru karena sangat berkaitan dengan kehadiran ide dalam program dalam membangun kota yang dilaksanakan pemerintah,” kata Iqbal, Selasa, 19 November 2019.

Ke depannya, Iqbal mengatakan pemerintah kota akan terus melakukan pembaharuan sistem, khususnya dalam pelayanan publik.

Menurut Iqbal, sistem pembaharuan tersebut tidak hanya berdampak pada aparatur sipil negara, tetapi juga pada pembangunan yang dilaksanakan dapat terukur dalam berbagai aspek.

Apalagi, di masa selanjutnya penggunaan anggaran memiliki konsekuensi hukum apabila ada pihak melakukan penyalahgunaan, sehingga kinerja pemerintah dikatakannya harus pula semakin baik.

“Kita dituntut untuk secara transparan dan kecermatan menyusun anggaran yang kredibel, komprehensif dan akuntabel. Termasuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran,” pungkasnya.

Berbeda dengan itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Khadijah Iriani, menyebut kinerja Pemkot hingga triwulan ketiga tahun 2019 masih berada di posisi 55 persen.

“Itu diukur dari kinerja pemkot secara keseluruhan baik fisik maupun pada realisasi anggaran (keuangan),” terang Iriani.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2018 lalu, kinerja pemerintah sudah mencapai hingga 80 persen.

“Kalau dibandingkan dengan kinerja tahun lalu (2018) bulan yang sama capaian kinerja pemerintah berada di kisaran 80 persen lebih,” bebernya.

Namun, Iriani mengaku masih menunggu hingga Desember, evaluasi akhir tahun, untuk mengukur kinerja dan penggunaan anggaran pemerintahan sepanjang 2019.

“Kita masih menunggu realisasi terakhir di Desember nanti, hasilnya secara keseluruhan nanti dilihat di evaluasi terakhir,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini