Nurdin salah langkah sejak awal

Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman. /Nasruddin

TERKINI.ID, MAKASSAR – Tiga hari menjelang pendaftaran pasangan calon gubernur-wakil gubernur, konstalasi politik di Sulawesi Selatan makin sulit ditebak. Parpol justru menunjukkan politik inkonsisten.

Setelah Gerindra mengalihkan dukungan dari Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman ke Agus Arifin Nu’mang-Tanri Bali Lamo, kini PAN dikabarkan segera menyusul.

Kabar pindahnya dukungan Gerindra sendiri sudah berembus jauh hari sebelumnya. Nurdin Abdullah dinilai memang salah langkah sejak awal, karena membuat koalisi parpol yang tidak sejalan.

“Koalisi besar (dibangun) di pusat untuk investasi di 2018 itu antara Golkar, Nasdem, dan PDIP. Ini satu koalisi, tanpa melihat siapa pasangan yang diusung,” terang pengamat politik, Firdaus Muhammad.

Demikian halnya, kata Firdaus, koalisi Gerindra, PAN, dan PKS. “Dengan membangun koalisi Gerindra, PDIP, PAN dan PKS, posisi Nurdin (Abdullah) memang rawan,” terang dia.

Tentu saja, sulit bagi Nurdin Abdullah berjanji mendukung capres usungan Gerindra, Prabowo, di saat yang sama berjanji mendukung capres usungan PDIP, Jokowi.

Menurut dia, dengan melihat koalisi yang dibangun di tingkat nasional, PAN juga cenderung akan mengikuti langkah Gerindra.

“Seperti halnya yang terjadi di Jawa Barat, di mana PKS mencabut dukungannya dari Deddy Mizwar, dan bersama koalisi Partai Gerindra mendukung Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu,” terangnya.

Menurut dia, politik inkonsisten ini sebenarnya tidak baik untuk pendidikan politik di Sulsel. “Masyarakat akhirnya bingung. Percuma mendukung habis-habisan calon gubernur, jika nantinya keputusan ditentukan pusat. Bukan elite partai di provinsi, yang lebih tahu konstalasi di sini,” kunci dosen UIN Alauddin Makassar ini.

Komentar

Rekomendasi

Peduli Wabah Corona, JMS Care Bagi-bagi Masker dan Hand Sanitizer Gratis

Fadli Ananda: Keputusan KPU Menunda Pilkada Sangat Tepat

Anggota DPR RI AMI Perjuangkan Nasib Rakyat Terdampak Corona

Ikuti Rapid Test, Politisi Golkar JMS Negatif Covid-19

Perangi Covid-19, Golkar Sulsel Bagikan Hand Sanitizer dan Masker ke Masyarakat

Pilkada Serentak 2020 Akan Ditunda, KPU Makassar: Kami Tunggu Perintah

KSPI: DPR Jangan Coba-Coba Bahas Omnibus Law di Tengah Pandemi Corona

Soal Penginapan bagi Nakes Covid-19, Anggota Komisi IX DPR RI AMI Gelar Rakor

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar