Makassar Terkini
Masuk

Observasi di Pinrang, Mahasiswa KMP UNM Latih Warga Buat Sirup Kecombrang

Terkini.id, Pinrang –  Pelatihan pembuatan sirup kecombrang atau katadoan, menjadi salah satu item kegiatan yang dilaksanakan Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Negeri Makassar (KMP UNM) di dusun Bone, desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, kabupaten Pinrang pada Senin, 1 Agustus 2022. 

Kegiatan tersebut merupakan hasil dari observasi mahasiswa KMP UNM. Melihat banyaknya tumbuhan kecombrang yang tumbuh liar dipekarangan rumah warga. 

Dengan adanya pelatihan pembuatan sirup kecombrang ini diharapkan memberikan manfaat untuk warga dusun bone. 

Ramlah dan Ranti selaku penanggungjawab sekaligus pemateri mengatakan dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah wawasan masyarakat mengenai kecombrang yang dapat dikonsumsi sebagai sirup yang sangat mudah untuk diolah. 

“Melihat antusias ibu-ibu yang hadir saya merasa sangat senang dan bangga dikarenakan respon hangat yang diberikan warga saat pelatihan pembuatan sirup tersebut, dan berharap dengan adanya pelatihan ini bisa menumbuhkan keinginan warga untuk membuat sirup ini sampai menghasilkan produk yang dapat menjadi ciri khas dari dusun bone,” ujar Mala selaku Sekretaris Panitia. 

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kita karena ini merupakan sesuatu hal yang baru kami temukan. Dan kami berterimakasih dengan diadakannya pelatihan pembuatan sirup ini sehingga wawasan kami mengenai katodoan(kecombrang) bertambah,” Kata salah satu warga saat diwawancarai. 

Potensial sirup kecombrang ini sangat baik melihat tumbuhan ini sangat mudah ditemukan dan tumbuh liar dipekarangan rumah warga dusun bone. Sehingga diharap memberi ruang untuk perkembangan perekonomian masyarakat sekitar, serta sirup kecombrang atau katodoan dapat dijadikan minuman khas dari desa Ulusaddang