Masuk

Olweis Roastery Cup x Toko Oma, Kompetisi Penyeduh Kopi Pertama Kali Digelar di Makassar

Komentar

Terkini.id, MakassarBisnis kedai kopi di Makassar berkembang pesat mendorong komunitas kopi menggelar kompetisi roasting. Event kompetisi ‘Olweis Roastery Cup x Toko Kopi Oma’.

Event yang akan memperlombakan para penyeduh kopi ini akan berlangsung pada Rabu 22 Juni 2022 di Toko Kopi Oma Jalan Onta Lama nomor 34 Makassar.

Beberapa juri yang akan menilai hasil racikan kopi para peserta di antaranya Gerard Thahir selaku Olweis Roaster, Safriadi Tiro selaku Co- Founder Peanuts Coffee Company, Giant Pallacubang dari Jajini.co Brewing Space, Didit dari Kopiapi Coffee Makassar, Restor Faizal dari Roaster Kopiteori Indonesia, Ardhin Muhlasin dari Aladin Coffee Roastery dan Baimva yang merupakan 1st Jagobrew 2021 dan Founder Sudutsenja.id.

Menariknya, sejak dibuka beberapa hari lalu, pendaftaran lomba sudah ditutup karena jumlah peserta yang mendaftar sudah memenuhi kuota.

Juri Olweis Roaster, Gerard Thahir menjelaskan, masih banyak peserta yang ingin ikut lomba namun pendaftaran telah ditutup. Lebih lanjut, menurut Gerard, ini adalah event kompetisi Roaster pertama di Makassar.

“Ini adalah ini adalah seri pertama event kami, dan rencanya akan mengadakan seri-seri berikutnya,” ungkap Gerard kepada terkini.id.

Adapun latar belakang dari event ini, berasal dari inspirasi untuk membuat sebuah kompetisi berkelanjutan bagi para komunitas kopi di Makassar.

“Ini adalah sebuah acara di mana teman teman di industri kopi bisa menunjukkan skill dan juga keterampilan mereka dalam meracik minuman kopi, bertemu dengan teman-teman sesama industri, belajar dan saling berbagi ilmu mengenai aspek dalam industri kopi, dan juga sebagai tempat untuk memperkenalkan konsep kopi specialty kepada masyarakat luas,” ungkapnya.

Bagaimana juri memilih kopi terbaik? Gerard menjelaskan, juri nantinya akan mencari kopi yang diseduh dengan sedemikian rupa, di mana kualitas dan citarasa kopi dapat ditonjolkan secara seimbang baik dari segi asam, manis, dan teksturnya.

Dalam ajang yang akan berlangsung pertengahan bulan Juni itu, ada 27 orang peserta yang akan bertanding, antara lain:

1. Galang ( Cut N Cup )
2. Adi ( Cut N Cup )
3. Zakkir ( independent )
4. Irsyan ( Dlocal Bar )
5. Fais ( Jajini )
6. Muh Iksan ( kopiapi )
7. Ujee ( kesawah )
8. Rendi ( Anafoora )
9. Ahmad ( Ha-Bit-Us )
10. Rahmat Albaqawi ( Pasar Kopi )
11. Muh Adil Nur ( Independent )
12. widy Syafirah (Pasar Kopi )
13. Aksan ( Limbong Kopi )
14. zaky ( Sudut Senja )
15. Ciki ( Sudut Senja )
16. Dhavyn ( One dy Cafe )
17. Aan ( Independent )
18. Yudhi ( My Coffee )
19. M. Alif ( My Coffee )
20 Husein (Saint Mary)
21. Marina ( starbucks )
22. Ales ( Home Brewer )
23. Muh. Rafly ( Pegiat.id )
24. Sandy Sands ( Independent )
25.Bogi ( Garasi Cafe )