Operasi Sederhana Atasi Strabismus, Mata Juling

Strabismus pada anak. Source : childrenshospital.org

Terkini.id, – Pernahkah Anda mendengar atau bahkan melihat langsung penderita mata juling? Mata juling atau biasa juga disebut strabismus merupakan kondisi dimana mata tidak sejajar satu dengan lainnya atau ketidaknormalan pada mata. Contohnya satu mata tampak melihat lurus sedangkan mata lainnya tampak melihat ke arah lain. Kondisi ini dapat terjadi pada usia manapun.

Menderita gangguan pada mata berupa juling karena ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata dan juga ukuran kacamata abnormal (hiperopiatinggi atau miopia tinggi), atau apapun yang menghalangi pandangan satu mata (contohnya katarak anak atau kelainan mata lainnya).

Mata yang juling dapat mengarah ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau satu mata lebih tinggi dari mata lainnya. Strabismus dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan strabismus pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia).

Model Strabismus. Source : aboutkidshealth.ca

Mata juling paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata. Selain itu juga disebabkan ukuran kacamata abnormal (contohnya hiperopia tinggi atau miopia tinggi), atau apapun yang menghalangi pandangan satu mata (contohnya katarak anak atau kelainan mata lainnya). Terkadang juga dapat diakibatkan oleh ketidaknormalan saraf yang membentuk otot mata atau ketidaknormalan otot mata atau jaringan sekelilingnya
dalam soket mata.

Menderita gangguan pada mata seperti juling ini pengobatannya bervariasi tergantung tipe mata julingnya seperti apa. Sebuah metode baru yang lebih simpel untuk operasi mata juling dikembangkan oleh para ahli di Boston’s Children Hospital (BCH). Jika sebelumnya butuh beberapa kali operasi, metode baru ini hanya butuh sekali operasi dan masa pemulihannya hanya seminggu.

Pemeriksaan mata untuk mendeteksi strabismus pada anak. Source : seegreat.net

Penderita strabismus yang kompleks bisa terisolasi secara sosial, bahkan mengalami masalah leher dan punggung karena harus menoleh agar bisa melihat dengan benar.

Metode baru yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Ophthalmology ini telah sukses diujikan pada sejumlah anak penderita mata juling yang tidak bisa menggerakkan bola matanya ke arah luar. Sebelum operasi, anak-anak ini selalu harus memiringkan kepala untuk bisa melihat.

Para ahli opthalmologi dalam proses penyembuhan mata juling melakukan reposisi atau penataan ulang terhadap beberapa jenis otot mata. Hampir sama dengan prosedur yang biasa digunakan, hanya saja lebih disederhanakan sehingga cukup dilakukan dalam satu kali operasi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Ini Penjelasan Medis Kenapa Orang Bisa Cegukan

Terkini.id - Cegukan atau singultus adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan bunyi ‘hik’ tanpa disengaja. Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik atau menit (sementara) hingga lebih