Optimalkan Kapasitas Koperasi Syariah, Diskop UKM Sulsel Gelar Pelatihan

Dinas Koperasi dan UKM Sulsel
Optimalkan Kapasitas Koperasi Syariah, Diskop UKM Sulsel Gelar Pelatihan

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Muh Duryatsyah, yang merupakan Kabid pengawasan dan pemeriksaan Dinas Koperasi dan UKM Sulsel menyampaikan mengenai beberapa harapan yang ingin diraih dalam agenda Penguatan Kapasitas Koperasi Jasa Keuangan Syariah pada Selasa, 16 Oktober 2018, di Ramedo Hotel Makassar.

Menurut Duryatsyah, pelatihan ini bertujuan mampu mengembangkan wawasan dan kemampuan manajemen dari penggerak Ekonomi Syariah di Sulawesi Selatan.

“Kita punya peluang yang sangat besar untuk mengembangkan Koperasi Syariah di Sulawesi Selatan. Pasalnya telah banyak potret sukses yang mampu kita teladani dari koperasi-koperasi syariah di Jawa. Kuncinya adalah kemauan serta kemampuan menerapkan sistem manajemen yang profesional,” ujar Duryatsyah.

Selain itu, salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Ariady Arsal, yang merupakan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Ariady menyebutkan mengenai tantangan di era revolusi industri 4.0 ini adalah kemampuan untuk menerapkan standarisasi dan sistem digitalisasi.

“Trend saat ini adalah kepercayaan mengenai sistem syariah sebagai sistem yang baik meningkat. Namun hal tersebut tidak diiringi dengan peningkatan sistem manajemen dari Koperasi Syariah sehingga kita tidak mampu bersaing dengan bank-bank syariah yang ada,” jelas Ariady.

Ariady juga menambahkan mengenai kemampuan pengelolaan koperasi harus menerapkan sistem digitalisasi dan mampu menyentuh berbagai target pasar di Sulawesi Selatan.

“Baik itu dari kelas menngah ke bawah, hingga masyarakat kelas menengah ke atas. Baik itu dari segmen masyarakat kurang berpendidikan hingga semasyarakat berpendidikan. Sehingga dengan demikian, Koperasi Syariah mampu lebih berkembang di Sulawesi Selatan bahkan Indonesia,” pungkasnya.

Citizen Reporter : Ahmad Akbar (Pengurus Koperasi Pemuda Indonesia Sulawesi Selatan)

Berita Terkait
Komentar
Terkini