Masuk

Orang Tua Murid SD Inpres Minasaupa 1 Duga Ada Penyimpangan Dana BOS

Komentar

Terkini.id, Makassar – Sejumlah orang tua murid SD Inpres Minasaupa 1 mengeluhkan kinerja kepada sekolah. Mereka menduga ada penyimpangan penggunaan dana BOS.

Mereka mengaku anaknya belum menerima buku pelajaran dari pihak sekolah. Meskipun, kata dia, kepada sekolah telah menjanjikan hal itu.

Seperti pengakuan salah orang tua murid, RA, ia mengatakan anaknya sejak kelas 1 hingga kelas 3 di SD Inpres Minasaupa 1 belum pernah menerima buku cetak dari pihak sekolah.

Baca Juga: DPRD Makassar Gelar RDP dengan Dinas Pendidikan, Bahas Soal Pemotongan Gaji Guru PNS

“Memang tidak dipungut biaya tetapi kami heran anak saya sekolah di sana (SD Inpres Minasaupa 1) dari kelas 1 sampai kelas 3 belum pernah mendapat buku cetak dari sekolah. Padahal kan ada dana BOS,” ujarnya, Jumat, 2 Desember 2022.

Menurutnya, kondisi tersebut juga dialami hampir seluruh murid dan teman sekelas anaknya di SD Inpres Minasaupa 1. Olehnya tidak sedikit orang tua berinisiatif untuk membeli buku masing masing di toko.

“Kalau kita tanya wali kelasnya tetapi jawabannya belum diambil kepala sekolahnya. Dijanji terus masa sampai kelas 3 mi tidak adapi bukunya dari kelas 1,” keluhnya.

Baca Juga: Kasus Perundungan Disebut Konten Oleh Kadis Pendidikan Makassar, Orang Tua Korban Lapor Polisi

Dibanding dengan sekolah di sebelahnya, ia mengaku jauh lebih baik, karena peruntukan dana bos betul-betul diberikan untuk kenyamanan sekolah dan muridnya selama proses belajar mengajar.

“Kenapa saya tahu karena ada anak tetangga sekolah di sebelah juga, ada keluarga juga sekolah di sebelah,” tukasnya.

Berbeda dengan orang tua murid inisial IK, selain mengeluhkan tidak adanya buku pelajaran yang dibagikan juga keberatan dengan harga pakaian seragam yang diperjualbelikan di sekolah terlalu mahal.

Bahkan tidak sedikit orag tua murid ingin memindahkan anaknya ke sekolah lain, namun sering mendapat tekanan dari pihak sekolah.