Palopo salah satu daerah tercepat serahkan LKPD Unaudited ke BPK

Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis. S. STP. Menyerahkan LKPD Unaudited TA 2017 kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Widiyatmantoro. di Kantor BPK Perwakilan, di Makassar, Kamis 29 Maret 2018.

Terkini.id, Palopo – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis. S. STP. Menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran (TA) 2017 kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Widiyatmantoro  di kantor BPK Perwakilan, Jl. A.P Pettarani Makassar. Kamis 29 Maret 2018.

Andi Arwien pada penyerahan LKPD TA 2017 tersebut didampingi Plt. Sekretaris Daerah, H.Jamaluddin Nuhung, Kepala BPKAD Hamzah Jalante, ketua DPRD Kota Palopo. Harisal Latief. Dirut RS Sawerigading, dr. Nazaruddin Nawir.S.P.Og, Asisten Administrasi Umum, Dra Munasirah, M.Si dan Kabag Humas Eka Sukmawati. Dimana Pemerintah Kota Palopo merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang paling cepat menyerahkan LKPD tahun ini.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Widiyatmantoro, pada kesempatan itu mengatakan bahwa penyerahan LKPD ini merupakan amanat Undang-undang, dan BPK diberi kewenangan untuk melakukan pemeriksaan atas LKPD bagi tiap daerah.

“Sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan  negara, BPK akan memeriksa pelaksanaan anggaran di Tahun 2017, dan mengetahui bagaimana pengelolaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan dari kekayaan daerah yang dikelola masing-masing  Pemerintah Kabupaten/Kota,” ungkap Widiyatmantoro.

Lanjut Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara ini. LKPD yang diserahkan kepada BPK ini belum final (unaudited),  maka dari  itu BPK dalam waktu dekat akan kembali. ” setelah pemeriksaan interim berakhir dan pada dua bulan ke depan akan menerbitkan LHP dimana nantinya akan sampai pada kesimpulan opini atas LKPD masing masing daera,” ujarnya.

Menarik untuk Anda:

Pada kesempatan itu, mewakili 10 Kabupaten yang hadir, Bupati soppeng dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BPK RI atas sumbangsi kedaerah selama ini terkait penataan laporan keuangan daerah.

Sementara itu, Arwien pada kesempatan yang sana mengungkapkan perjalanan suatu pemerintahan memerlukan pengawasan dan pemeriksaan keuangan yang baik, sehingga pemerintah daerah dapat melaksanakan pemerintahan dengan baik dengan dukungan tata kelola keuangan yang baik pula. Dan untuk tahun ini, Kota Palopo diharapkan dapat mempertahankan Opini WTP,” harap Arwien.

Pada penyerahan LKPD tersebut dihadiri 10 Kabupaten / Kota yang menyerahkan LKPD diantaranya, Kab Soppeng, Kota Palopo, Kota Makassar, Kab. LuwuTimur, Kab Enrekang, Kab. Bantaeng, Kab Sinjai, Kab. Barru, Kab. Sidrap, dan Kab. Pangkajene Kepulauan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemkot Palopo Gelar Sosialisasi Roadmap Reformasi Birokrasi 2020-2024

Cegah Stunting, 10 Semua Kecamatan di Palopo Gelar Sosialisasi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar