Masuk

Pangdam XIV Hasanuddin Gelar Panen Raya di Kabupaten Maros

Komentar

Terkini.id, Maros – Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama Seluruh Pimpinan Kepala Daerah jajaran Forkopimda Sulawesi selatan menggelar panen raya dan bakti sosial, bertempat di Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Selasa, 15 November 2022.

Panen raya padi ini dilakukan di area persawahan dengan luas 600 hektare, dengan jenis padi yang ditanam yakni ciherang.

“Jadi pada hari ini kita melaksanakan kegiatan ketahanan pangan yaitu panen raya. Ini sudah diinstruksikan Presiden bapak pimpinan kita, bapak Ksad dan bapak Kapolri. Jadi keberadaan kita di wilayah harus membantu pemerintah daerah. Terutama ikut mengatasi permasalahan ekonomi yang saat ini terjadi,” kata Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso.

Baca Juga: PAD Capai 112 Persen, Bupati Maros Beri Penghargaan Andi Rosman

Dia mengatakan, panen raya yang dilakukan di Kabupaten Maros ini seluas 4.300 Hektare,namun khusus di Kecamatan Simbang hanya 600 Hektare saja.

“Ini padi ciherang, tapi kedepan kita akan terjebak pada jenis padi Ip 400 yang bisa menghasilkan 1 ton, dan bisa 4 kali musmim tanam,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk panen raya padi Ciherang ini, dalam 1 Hektarenya bisa menghasilkan 7 ton beras. Pangdam XIV Hasanuddin berharap petani terus bekerja keras. Sementara, kata dia, pemerintah akan terus siap dalam membantu para petani.

Baca Juga: Hampir Semua Kecamatan di Kabupaten Maros Masuk Peta Rawan Bencana

“Pesan untuk petani harus bersyukur dan bekerja keras jangan mengeluh, nanti bersama dengan pemerintah kita monitoring. Kita bantu agar hasilnya lebih optimal jika biasanya hanya 3x panen mulai sekarang bisa 4x panen,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Maros AS Chaidir Syam menyambut baik jajaran Kodam XIV Hasanuddin yang dengan sigap menindak lanjuti instruksi Presiden. 

“Saya mengucapkan terimakasih karena baru jelang satu hari kami para Bupati dikumpulkan besoknya sudah langsung ditindak lanjuti oleh Pangdam XIV Hasanuddin,” tutupnya.