Panwascam Tombolo Pao Kembali Temukan APK yang Melanggar

Terkini.id, Gowa – Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tombolo Pao Kabupaten Gowa kembali melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) tahap kedua, 20 Desember 2018.

Penertiban tersebut berdasarkan aturan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu.

Penertiban APK dilakukan bersama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tombolo Pao, Polsek Tombolo Pao, Satpol PP, dan Panwaslu Desa/kelurahan se-Kecamatan Tombolo Pao.

APK yang melanggar ditemukan di perbatasan Dusun Parangboddong-Silaggayya Desa Kanreapia karena berada di luar titik zona pemasangan yang telah ditetapkan serta memaku APK pada pohon.

Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwascam Tombolo Pao, Haerul Umam mengatakan fokus penertiban adalah APK atau bahan kampanye yang tidak memenuhi etika dan estetika pemasangan sesuai dengan pasal 24, 25, dan 26 Perbawaslu no 28 Tahun 2018 tentang pengawasan Kampanye pemilu.

“Pemasangan APK dengan cara memaku pohon tetap tidak dibenarkan sekalipun berada di titik zona pemasangan,” ujarnya.

Penertiban tersebut sekaligus menjadi kegiatan patroli APK yang dimulai dari Kelurahan Tamaona, Desa Kanreapia, Desa Bolaromang, dan Desa Tabbinjai untuk memastikan bahwa tidak ada APK yg melanggar aturan.

“Kegiatan penertiban ini akan terus kami lakukan untuk mengawal tahapan masa kampanye. Termasuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya bagi partai politik peserta pemilu,” tambahnya.

Sebelumnya, penertiban APK tahap pertama telah dilakukan pada November lalu dengan delapan titik temuan pelanggaran, masing-masing di Desa Tonasa 2 titik, Kelurahan Tamaona 1 titik, Desa Pao 2 titik, Desa Mamampang 2 titik dan Desa Tabbinjai 1 titik.

Laporan: Nunik JS

Berita Terkait