Pasangan nikah di bawah umur di Bantaeng ternyata sudah resepsi tanpa ijab kabul

FA dan SY saat melakukan resepsi pernikahan awal Maret 2018 lalu

Terkini.id, Bantaeng – Bila pada umumnya sebuah pernikahan itu dilakukan sebelum menggelar resepsi, hal ini berbeda dengan di Kabupaten Bantaeng.

Resepsi dilakukan lebih duluan sebelum dilakukan ijab kabul. Inilah yang terjadi pada pasangan remaja FA (15) dan SY (14) yang masih dibawah umur di Bantaeng.

Lantaran belum mengantongi dispensasi dari Kantor Kecamatan Bantaeng, kedua sejoli yang kebelet nikah ini pun batal dilakukan di Kantor KUA Kecamatan Bantaeng 16 april 2018.

Padahal menurut keduanya, mereka sudah lebih dulu menggelar resepsi pernikahan pada 1 maret 2018 lalu.

“Sudahmi pesta waktu 1 Maret 2018, tetapi karena belumpi menikah, maka kami belum tinggal serumah,” ungkap FA.

FA dan SY saat melakukan resepsi pernikahan awal Maret 2018 lalu

Karena itu, keduanya mengajukan permohonan pernikahan (Dispensasi) kepada Pengadilan Agama (PA) Bantaeng dan akhirnya dikabulkan.

Karena alasan itu, keduanya pun mengajukan pencatatan nikah ke KUA Kecamatan Bantaeng. Namun ditolak karena pendaftaran dilakukan pada tanggal 11 april lalu sedangkan dalam aturan pernikahan baru bisa dilakukan setelah lebih dari sepuluh hari pasca pendaftaran.

Baca :Dipaksa menikah, Siswi SMA Melarikan diri

“Baru tanggal 11 kemarin dia mendaftar, sedangkan aturannya harus diatas sepuluh hari pasca pendaftaran,” jelas Kepala Kemenag Bantaeng Muh Yunus.