Pasar Rakyat Sumpang Minangae Parepare Resmi Dibuka

Pasar Rakyat Sumpang Minangae Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Terkini.id, Parepare – Pembangunan Pasar Rakyat Sumpang Minangae Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Resmi digunakan pedagang pasar Sumpang Minangae, pada Rabu 15 Agustus 2018.

Plt Kadis Perdagangan Kota Parepare, Muh Husni Syam, mengatakan, kegiatan ini merupakan syukuran atas penggunaan pasar rakyat Sumpang Minangae, Kota Parepare, yang pada tahun 2017 kemarin dilakukan rehabilitasi dalam rangka peningkatan kualitas pusat perdagangan masyarakat.

“Ini merupakan kegiatan syukuran dalam rangka penggunaan pasar sumpang minangae, yang baru saja dilakukan rehabilitasi,”ungkap dia.

Husni, mengatakan, semua yang mengisi los yang ada di pasar ini, termasuk di dalamnya lapak 320 dan kios sebanyak 30 unit.

“Yang mengisi pasar ini kembali merupakan eks pedagang pasar Sumpang Minangae Lama, sehingga kita kemudian memasukkan mereka dengan beberapa persyaratan yang ada,”terangnya.

Baca juga:

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengungkapkan, penggunaan pasar Sumpang Minangae, harus sesuai dengan presedural dan aturan yang kita terapkan bersama.

“Termasuk bagaimana menjaga keamanan, kebersihan dan kenyamanan pembeli dan penjual, sehingga para penjual nantinya di tempat ini, tidak perlu lagi takut dengan barang dagangannya karena ada petugas keamanan yang akan jaga, jadi mereka bisa tidur dengan nyenyak dirumahnya, sementara barangnya tetap ada di pasar ini,”ungkapnya.

Taufan, menuturkan, pihaknya juga terus memikirkan kemajuan pasar Sumpang Minangae ini, termasuk diantaranya bagaimana agar masyarakat yang menjual di pasar ini, bisa digunakan juga pada malam harinya, makanya kemudian kita desain siang dan malam.

“Jadi pasar ini juga kita desain stand lampu agar masyarakat bisa menggunakannya pada malam hari, dan juga pada siang harinya, termasuk bagaimana menjaga sirkulasi udara yang ada di pasar ini, dengan memasang pendingin udara,”tutur dia.

Mantan praktisi hukum ini, menjelaskan, kalau pembangunan  pasar ini sebelum dilakukan sudah ada komitmen jika selesai, yang menggunakannya hanya dari para pedagang yang dulunya, jadi jika ada yang lain dan masyarakat pedagang tidak menjual maka kita akan tindak lanjuti.

“Termasuk kemudian kita akan mencari tau persoalan tersebut kepada para penanggung jawab yang ada di pasar ini, sehingga kita bisa mencari solusinya, namun jika ada yang bukan pedagang masuk kemudian masih ada pedagang yang belum masuk maka kami langsung klarifikasi dan tegur keras kepala pasar dan juga ketua KKPnya,”tegas Taufan.

Presmian pasar Sumpang Minangae ini, dihadiri beberapa pejabat lingkup Kota Parepare, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Parepare, Komandan Kodim 1405 Mallusetasi, Ketua Penggerak PKK Kota Parepare, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Parepare, serta masyarakat dan pedagang pasar Sumpang Minangae.

Komentar

Rekomendasi

Pasien Sembuh Semakin Naik, Taufan Pawe Optimis Parepare Bebas dari Covid-19

Penyerahan LHP LKPD, Wali Kota Parepare Didaulat Bawa Sambutan

Di Tengah Pandemi, Parepare Kembali Raih Predikat WTP dari BPK

Erna Rasyid Taufan Ikuti Halal Bihalal PKK Provinsi Sulsel via Vidkon

Pemkot Parepare Beri Kemudahan Pencetakan Dokumen Kependudukan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar