Pasca Bencana Sulteng, Dompet Dhuafa Bangun Fasilitas Umum di Desa Lolu, Sigi

Pasca Bencana Sulteng, Dompet Dhuafa Bangun Fasilitas Umum di Desa Lolu, Sigi

Terkini.id, Palu – Dompet Dhuafa membangun sejumlah fasilitas umum untuk warga. Adapun fasilitas umum yang dimaksud adalah Musholla dan Mandi Cuci Kakus (MCK) darurat untuk para korban gempa dan tsunami 7,4 SR di desa Lolu, kecamatan Sigi Biromaru, Kamis 11 Oktober 2018.

“Alhamdulillah di kampung kami sudah ada musholla  dan MCK  untuk para warga  di sini. Sesudah gempa kami sangat merindukan untuk salat berjamaah seperti ini dan bisa membersihkan diri kami dengan bersih, “ucap Pahkrudin tokoh ulama.

Para korban bencana pasca gempa dan tsunami melaksanakan aktivitas hanya di dalam posko yang seadanya. Masih dalam tahap tanggap bencana Dompet Dhuafa bersama relawan terus membangun pusat-pusat fasilitas umum sementara, seperti masjid darurat, Mandi Cuci Kakus (MCK) darurat hingga pemasangan pipanisasi untuk bagi ribuan pengungsi yang mendiami posko pengungsian.

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa mendirikan masjid darurat sebagai tempat ibadah sementara warga pengungsi. Terbuat dari bahan dasar kayu sederhana, sudah cukup membuat warga pengungsi kembali sholat dengan nyaman.

Baca :Begini Cara Makassar Bantu Palu Bangkit di F8  

Di posko yang dihuni lebih dari 781 jiwa tersebut, masyarakat silih berganti untuk menunaikan sholat berjamaah. Mereka tidak lagi kepanasan dikarenakan hadirnya musholla darurat dari Dompet Dhuafa.

“Alhamdulillah ya mas, sekarang sudah ada masjid darurat. Tidak lagi kepanasan, jauh lebih nyaman dari sebelumnya,” ujar Hasan, salah satu pengungsi di posko tersebut.