Pascasarjana MPI dan Ma’had Albirr Unismuh Makassar Gelar Workshop Penulisan Jurnal dan Karya Ilmiah

Terkini.id, Makassar — Program Pascasarjana Unismuh Makassar Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam bekerja sama dengan Ma’had Albirr Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) gelar Workshop Penulisan Jurnal dan Karya Ilmiah yang dilaksanakan di aula Syamsuddin Ma’had Al Birr, 02 Juli 2022.

Workshop tersebut memfokuskan cara menulis Jurnal dan Karya Ilmiah yang dihadiri sebanyak 40 orang, terdiri dari para Dosen Ma’had Al-Birr dan mahasiswa semester empat Manajemen Pendidikan Islam dengan menghadirkan pemateri Nursaleh Hartaman S I P M I P dan Ahmad Harakan S I P M H I.

Direktur Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, Ustadz Lukman Abdul Somad yang datang langsung dan juga memberikan sambutan pembukaan kegiatan workshop tersebut menyatakan 

Baca Juga: Kapolri Ungkap Kasus Kematian Brigadir J: Tidak Ditemukan Fakta Tembak...

“Bahwa kegiatan ini memang sangat penting dilaksanakan di kalangan dosen juga Mahasiswa Pascasarjana guna menambah wawasan dan nilai dari akreditasi dari sebuah lembaga pendidikan,” paparnya saat memberikan sambutan.

Dr Muhammad Ali Bakri S Sos M Pd, selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan setiap semester. Karena menurutnya, masih banyak para dosen yang sangat minim dalam hal penulisan karya ilmiah.

Baca Juga: Dokter Tifa Sentil Jokowi: Utang untuk Bangun Infrastruktur, Setelah Jadi...

“Kegiatan ini seharusnya dilakukan setiap semester, agar mahasiswa baik pascasarjana dan juga dosen-dosen mengetahui bagaimana proses penulisan karya ilmiah itu sendiri,” jelasnya.

“Karena melihat kenyataan yang ada banyak dari kalangan dosen yang telah bergelar Doktor, untuk karya tulisan jurnal masih sangat minim, bahkan untuk menerbitkan pada level jurnal bertaraf Sinta itu sendiri masih belum tahu,” lanjut Dia

Ia menyebutkan, jika workshop ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kredibilitas Prodi.

Baca Juga: Dokter Tifa Sentil Jokowi: Utang untuk Bangun Infrastruktur, Setelah Jadi...

“Oleh karenanya dengan diadakannya workshop penulisan ini dapat menjadi sebuah solusi yang apik untuk meningkatkan kredibilitas dari sebuah Prodi, Kampus dan juga proses penilaian jabatan bagi seorang dosen, dengan semakin banyaknya karya ilmiah yang terbit, maka akan meningkatkan kualitas bukan hanya pada Prodi tapi juga kampus,” tegasnya.

Senada dengan itu, Dr. Rusli Malli, M. Ag, mengharapkan agar kegiatan ini dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. 

“Output yang didahasilkan dari kegiatan ini, yaitu dapat menghasilkan sebuah karya ilmiah yang berkualitas, seperti kampus-kampus lain diantaranya adalah kampus UNJ Jogjakarta,” harapnya.

Dalam kegiatan workshop, pemateri memaparkan materi penggunaan aplikasi Mendeley serta proses pengoperasiannya, daan cara mensitasi sebuah jurnal dari google scholler, memparafrase tulisan juga penulisan tipe-tipe dari daftar pustaka sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh setiap kampus.

Bagikan