Pasien Curhat ke Direktur Pendayagunaan IZI: Saya Bersyukur Ada RSP

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar –Pada hari Selasa, 3 Maret 2020, Direktur Pendayagunaan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Nana Sudiana, mengadakan kunjungan ke Rumah Singgah Pasien (RSP) IZI Sulawesi Selatan. Kunjungan tersebut dilaksanakan di RSP IZI Sulawesi Selatan, di Kompleks Perdos Unhas Blok GB/21, Makassar.

Kunjungan ini terasa istimewa karena para pasien berkesempatan berdialog langsung dengan Nana. Pertemuan ini dimulai dengan pemberian motivasi oleh Nana untuk para pasien. Nana meyakinkan kepada para pasien dan pendampingnya bahwa sakit merupakan anugerah dari Allah dan harus dijalani dengan ikhlas agar menjadi penggugur dosa.

“Belum tentu orang yang lebih sehat dari bapak ibu sekalian memiliki pahala yang lebih banyak. Bisa saja malah sakit ini membuat bapak ibu lebih dekat kepada Allah dibanding dengan kami yang sehat,” terang Nana. Selain berbagi motivasi, Nana juga menanyakan bagaimana kesan, pesan, atau masukan yang ingin diberikan para pasien dan pendampingnya selama tinggal di RSP. Pasien antusias dengan kegiatan tersebut.

Salah satu pendamping pasien, Kamiatun, memberikan kesan dan pesannya selama tinggal di RSP. Kamiatun tinggal di RSP karena mendampingi suaminya, Sarwanto, yang mengidap Tumor Usus. Kamiatun dan sang suami berasal dari Kota Palu, Sulawesi Tengah. Kamiatun mengatakan RSP merupakan program yang sangat membantu untuk para pasien dhuafa. “Saya dari Palu dan tidak punya keluarga di sini. Tapi berkat kerjasama IZI Palu dan IZI Sulsel saya bisa berobat dengan tenang di sini. Saya sangat bersyukur dengan adanya RSP,” ungkap Kamiatun.

Baca juga:

Hal serupa diungkapkan Wahyu, pasien asal Kota Palu penderita kanker jaringan lunak. Wahyu mengatakan RSP merupakan tempat yang layak untuk pasien tinggal, dengan fasilitas yang sangat lengkap dan sangat memudahkan. Dalam dialog ini, Nana dan para pasien serta pendamping juga membahas cara menghilangkan rasa bosan pasien dan pendamping selama menjalani masa pengobatan. Tidak lupa Nana juga mengingatkan untuk melakukan olahraga ringan minimal 30 menit sehari untuk menjaga kebugaran pasien dan mempertahankan daya tahan tubuh pasien.

Komentar

Rekomendasi

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

Diskusi Internasional, Menteri Siti Bicara Peran Penting Pemda Atasi Perubahan Iklim

Berjaringan Aktifis Pergerakan BAIN HAM RI Lebarkan Sayap ke NTT Dan Maluku

Tim Operasi Gabungan KLHK Ungkap Perdagangan Ilegal Tumbuhan Dilindungi ke Taiwan

Polda Sulsel Gelar Donor Darah Sukarela Sambut HUT Bhayangkara ke-74

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar