Pastikan Apotik di Makassar Jalankan Aturan Penjualan Obat, Dinkes Gelar Razia

Dinkes Makassar
Pastikan Apotik di Makassar Jalankan Aturan Penjualan Obat, Dinkes Gelar Razia

Terkini.id, Makassar – Sejumlah apotik di Makassar menjadi sasaran razia dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar. Razia ini dilakukan Dinkes untuk memastikan apotik di Makassar aman dan sesuai aturan adminitrasi penjualan obat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, masih banyak apotik menjual obat terlarang, dan hal itu menjadi perhatian khusus oleh pihaknya.

“Kan ada juga laporan masih adanya apotek nakal yang berjualan obat dilarang jadi kami selalu turun untuk mengecek dan memastikan bahwa apotek yang ada di Makassar sudah sesuai aturan,” ujar Naisyah, Kamis, 18 Juli 2019.

Dari hasil razia tersebut, kata Naisyah, masih ada apotek yang tetap melanggar secara adimistrasi. Baik jumlah obat yang harus tercatat, maupun obat yang dijual harus sesuai resep dokter.

“Itu kita bina, kita ingatkan ke mereka. Kita panggil ke kantor supaya mau memperbaiki, jadi pembinaan tetap kita lakukan terus,” ujarnya.

Razia apotik merupakan kegiatan rutin Dinkes Makassar

Naisyah juga mengungkapkan bahwa razia tersebut merupakan kegiatan rutin Dinas Kesehatan Kota Makassar untuk mengecek dan memastikan apotek bekerja sesuai dengan prosedur.

“Ini rutin kita lakukan oleh Dinkes Makassar dan tim gabungan agar bagaimana apotik berjalan sesuai aturan yang ada,” ujarnya.

Razia ini dilakukan tim gabungan Dinas Kesehatan Kota Makassar, BBPOM, Perijinan hingga polisi. Petugas langsung memeriksa apotik di Jalan Abdul Kadir, Ratulangi dan Landak Makassar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini