Peduli Kesetaraan Gender, Wali Kota Parepare Dianugerahi APE 2018

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 yang diserahkan Menteri Menteri Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA), Yohana Yembise, di Istana Wakil Presiden RI, Rabu, 19 Desember 2018.(ist)

Terkini.id, Parepare – Sebagai salah satu daerah yang mempunyai komitmen kuat dalam kesetaraan gender, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako, Amarun Agung Hamka mengatakan, penghargaan APE tersebut diserahkan Menteri Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA), Yohana Yembise kepada Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe di Istana Wakil Presiden RI, Rabu, 19 Desember 2018.

“Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota yang memiliki kepedulian dan komitmen dalam kesetaraan gender,” ujar Amarun Agung Hamka.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare Taufan Pawe menyampaikan, bahwa pengarustamaan gender merupakan perhatian Pemkot Parepare yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), baik di periode pertama, maupun di periode keduanya.

“Isu kesetaraan gender merupakan hal krusial yang harus menjadi perhatian kita bersama. Itulah sebabnya RPJMD kita memuat konten responsif gender,” ujar Taufan Pawe beberapa waktu lalu.

Dalam pembangunan, perempuan dilibatkan dalam kegiatan Musrenbang, termasuk pula dalam tata pemerintahan.

“Kita lihat, pejabat Pemkot Parepare juga banyak dari perempuan. Jadi komposisi laki-laki dan perempuan dalam jabatan, juga menjadi perhatian kami. Camatnya ada perempuan, Kadisnya juga ada perempuan,” terang Wali Kota dua periode ini.

Perempuan dan anak menjadi dijelaskan Taufan Pawe merupakan isu krusial yang perlu menjadi perhatian bersama terhadap isu ini.

Ditambahkan Taufan, Anugerah Parahita Ekapraya 2018 ini adalah sebuah penghargaan bergengsi dan apresiasi bagi kementerian/lembaga, Pemprov dan kabupaten/kota yang telah antusias mendokumentasikan dan menyampaikan informasi mengenai upaya hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak (PP-PA).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengatakan, semua stakeholder diharapkan dapat bekerja sama dan berkolaborasi menjadikan perempuan dan anak berada pada garis aman, mandiri, bermartabat dan berkualitas.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Komunitas

Pengurus KONI Cabang Parepare Resmi Dilantik

Terkini.id,Parepare - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kota Parepare melaksanakan pelantikan pengurus periode 2018-2022 dan rapat anggota, yang digelar di Barugae, rumah jabatan
Parepare

Parepare Bakal Jadi Tuan Rumah KPID Award 2019

Terkini.id, Parepare - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan penganugerahan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sulawesi Selatan.Hal ini terungkap saat