Pegiat pantun gagas Rumah Pantun Makassar

Pegiat pantun di Kota Makassar gagas 'Rumah Pantun Makassar'

Terkini.id, Makassar – Sebuah sejarah baru dalam pelestarian seni budaya Makassar kembali menggaung dengan hadirnya ‘Rumah Pantun Makassar (RPM)’ yang selama ini hanya dikenal di lingkup kampus bernama UKM Pantun dan Seni Kreatif Unhas. Peresmian RPM dilaksanakan di Ruang Kreatif (Rutif) En House Cafe, Jalan Dg Tata Raya, Makassar. Jumat, 17 November 2017.

Beberapa program dan gerakan yang dihadirkan oleh RPM, selain melakukan seni pertunjukan pantun, juga akan ada pelatihan berpantun untuk anak-anak sekolah yang nantinya bekerjasama dengan Dinas terkait, serta sosialisasi pantun secara kreatif mulai dari poster, video dan diskusi.

Rijal Djamal selaku Pegiat Pantun dan Pendiri Komunitas Pantun Seni Kreatif Unhas yang kerap memerankan karakter Ambo’ dalam setiap pertunjukannya menyampaikan, alasan berdirinya RPM ini atas berbagai masukan dari berbagai kalangan, mulai dari akademisi, birokrasi, seniman, pelaku kreatif dan pemerhati kesenian pantun di Kota Makassar.

“Semangat kami mendirikan RPM ini atas apresiasi yang luar biasa dari masyarakat. Mereka menginginkan agar pelestarian pantun tidak hanya di dalam kampus saja, tapi dapat menyentuh semua lapisan terutama generasi muda saat ini,” ujar Rijal selaku Pendiri RPM.

Rijal Djamal, salah satu pendiri RPM, memaparkan program RPM

Ice, yang juga merupakan salah satu Penggagas RPM mengungkapkan, ‘Rumah’ ini dapat menjadi penghubung antara mahasiswa dengan masyarakat Makassar.

“Kami selaku mahasiswa yang bergerak melestarikan pantun dapat lebih mudah untuk mensosialisasikan pantun kepada masyarakat dalam lingkup Kota Makassar,” ungkap Mahasiswi Unhas ini.

Rumah Pantun Makassar mengusung tagline ‘Rumahkan Makassar sebagai Negeri Pantun’ sebagai slogan mereka guna melestarikan budaya pantun di masyarakat Makassar.

 

Citizen Reporter : Khasmirah Hamsiohan (Pegiat Pantun, Aktivis FKP Sulsel)
Komentar
Terkini