Pekan Aspirasi Desa Panaikang Disambut Bahagia Warga

disabilitas
YASMIB Sulawesi melalui Program Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender bekerjasama dengan Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan pekan pengaduan masyarakat, sebagai wadah serap aspirasi bagi masyarakat Desa Panaikang

Terkini.id, Pangkep – Ketua BPD Panaikang M. Syukur mengatakan, pekan aspirasi di Desa Panaikang disambut bahagia warga. Karena melalui pekan aspirasi, BPD bisa langsung bertemu masyarakat.

“Sebelumnya belum pernah dilakukan. Seperti mengunjungi warga disabilitas, lansia, anak dan perempuan,” kata Syukur, Rabu 9 Oktober 2019..

“Kami juga berterima kasih kepada YASMIB Sulawesi, Seknas FITRA dan Kompak yang mendukung kegiatan ini,” tambahnya.

Syukur mengatakan, pekan aspirasi akan menjadi rencana kerja tahunan. BPD akan melakukan pekan aspirasi ini yang waktunya akan disesuaikan dengan kondisi desa.

Waktunya pelaksanaannya sebelum Musdes diselenggarakan. Sehingga aspirasi masyarakat bisa langsung menjadi prioritas dalam penyusunan RKPDes.

Pekan aspirasi ini dirasakan sebagai upaya jemput bola. Menggali kebutuhan masyarakat yang sangat efisien dan efektif. Karena masyarakat dengan leluasa menyampaikan permasalahan dan kebutuhannya.

Sebelumnya masyarakat jika diundang menghadiri pertemuan Musdus, masih ada yang tidak mau atau takut bicara di depan umum. Beberapa anggota BPD juga baru menyadari bahwa penggalian aspirasi warga adalah salah satu tugas dan fungsi BPD.

“Saya selaku Ketua Tim Perumus RKPDes 2020 membuka seluas – luasnya kepada masyarakat yang menjadi prioritas seperti disabilitas. Untuk memasukan aspirasinya kedalam draft RPKDes 2020. Begitupula isu – isu lainnya yang menjadi prioritas,” ungkap Sekretaris Desa Panaikang, Zaenal.

Manfaat lain yang dirasakan selama Pekan Aspirasi, menurut Wakil Ketua BPD, banyak masalah – masaalah yang ada di masyarakat yang sebelumnya tidak diketahui. Tetapi dengan adanya pekan aspirasi pemerintah desa bisa tahu sampai ke lapisan terbawah masyarakat.

Penggalian aspirasi sebelumnya tidak terlalu efisien atau efektif karena BPD hanya berpatokan pada Musdus/Musdes atau menunggu masyarakat datang ke sekretariat BPD, untuk menyampaikan aspirasi.

Pekan aspirasi BPD ini melibatkan relawan desa yang berjumlah 4 orang. Untuk membantu BPD dalam menjangkau masyarakat desa yang lebih luas.

Sebelumnya warga dengan disabilitas dan lansia termasuk anak, belum memanfaatkan wadah penyampaian aspirasi/menerima laporan  yang disediakan oleh BPD. Dalam penggalian aspirasi BPD belum terjangkau karena BPD hanya menerima laporan dari masyarakat di sekretariat atau mengumpulkan warga sesuai RK setiap dusunnya.

YASMIB Sulawesi melalui Program Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender bekerjasama dengan Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan pekan pengaduan masyarakat, sebagai wadah serap aspirasi bagi masyarakat Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 – 27 September 2019 dengan tujuan untuk menggali dan mendapatkan aspirasi dan pengaduan dari masyarakat.

Komentar

Rekomendasi

Jika Ada Yang Gandeng Muhayam di Pilkada Pangkep SK Rekomendasi PDIP Langsung Keluar

SGI Sulsel Gelar Festival Kepemimpinan Guru Indonesia

Muat 5 Penumpang, KM Lady Nathalia Alami Masalah Mesin di Perairan Togo-Togo Kalukuang

Bank Indonesia Dorong Petambak Tradisional Naik Kelas

Rekrut Anggota baru, IPPM Pangkep Koordinator UNM Gelar Citamas I

Ambulan Laut Tenggelam, Gubernur Sulsel Yakin Masih Bisa Diperbaiki

Ambulan Laut Tenggelam, Syahar Sebut Pemda Pangkep Tidak Bisa Mengelola Bantuan Pemprov

Pekan Aspirasi BPD Mattiro Uleng Berhasil Menggali Kebutuhan Kelompok Disabilitas

Kelompok Disabilitas di Sulsel Butuh Layanan Pendidikan yang Inklusif

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar