Pekan Ekonomi Syariah Makassar, Fokus Pengembangan Food, Fashion, dan Finance

Pembukaan Pekan Ekonomi Syariah di Mal Ratu Indah, Jumat 14 September 2018

Terkini.id, Makassar – Event Pekan Ekonomi Syariah 2018 digelar Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan di Mal Ratu Indah, digelar selama 14-16 September 2018. Resmi dibuka hari ini.

Pada pembukaan event, Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, menyebutkan, event ini akan menjadi momentum penting untuk menumbuhkan optimisme seluruh stakeholder.

“Dalam upaya mendorong arah kebijakan pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi, khususnya pada sektor kepariwisataan yang terkait dengan sektor-sektor lainnya,” terang Bambang, Jumat 14 September 2018.

Dia menyebutkan, Pekan Ekonomi Syariah Makassar yang diselenggarakan tahun ini kami konsep 3F yakni food, fashion, dan finance.

Food dan finance berkaitan dengan bagaimana mendorong tumbuhnya industri dan UMKM yang menyediakan amenitas pariwisata syariah Sulsel, berupa halal food dan sharia fashion,” terang dia.

Sedangkan finance, berkaitan dalam hal untuk menunjang bertumbuhnya amenitas dan atraksi, berkembangnya aksesibilitas dan ancillary melalui pembiayaan syariah.

Menurut dia, selain dihadiri oleh sejumlah UMKM dan perbankan syariah sebagai peserta pameran, event ini juga diisi dengan berbagai event.

Baca :Nurdin Abdullah: Ada Pariwisata Halal, Kita Akan Buka Perizinan Halal

“Seperti sertifikasi halal untuk UMKM Sulsel, talkshow dengan para entrepreneur muda syariah, sharia fashion show, hijab tutorial, lomba kesenian, dan sharing informasi dari perbankan terkait produk-produk pembiayaan syariah,” terang dia.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, yang hadir membuka event tersebut, menjelaskan, pasar produk-produk halal berkembang dengan pesat.

“Di luar negeri, selalu ada halal food,” terang dia.

Pembukaan Pekan Ekonomi Syariah tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, Ketua Kadin Sulsel Zulkarnain Arief, Ketua Asbisindo Sulsel, Kamaruddin Kammisi, serta sejumlah stakeholder lainnya.