Pelajar SMA di Pinrang Temukan Obat Herbal Pencegahan Sel Kanker

Pelajar di Pinrang temukan obat herbal

Terkini.id, Pinrang – Dua pelajar Kelas XI SMA Negeri 7, Kelurahan Manarang, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menemukan obat herbal yang diklaim bisa menghambat pertumbuhan kanker, keduanya adalah Nayla dan Andi Munawarah.

Temuan itu mengantarkan SMAN 7 Pinrang memenangkan lomba kreasi inovatif 2019 Kabupatena Pinrang. Dua siswi tersebut meramu dan mengembangkan obat kanker dari tanaman herbal yaitu daun sirih merah.

Nayla mengaku terinspirasi dari tanaman herbal yang digunakan oleh turun temurun dari keluarganya dan dikembangkan dengan mini riset yang didampingi oleh gurunya di sekolah tempat ia menimba ilmu.

“Saya sudah lama mengonsumsi herbal ini dari keluarga, namun saya riset lagi. Ternyata daun sirih merah mengandung senyawa alkaloid dan flavonoid yang bisa menghambat laju pertumbuhan sel kanker,” kata Nayla kepada terkini.id, 3 Januari 2020.

Penemuan tersebut dinamakan Redota yang berasal dari kata bahasa Inggris Red yang memiliki arti merah dan Ota dari kata bahas Bugis dengan arti daun sirih. Untuk dikonsumsi, daun sirih tersebut diracik dan diseduh seperti teh.

“Itukan jenis teh herbal namun bahannya dari daun sirih merah yang dicampur dengan kayu manis. Daun sirih merahnya harus dikeringkan dulu lalu diracik, jika sudah kering baru diseduh dengan air panas, mirip teh cara penyajiannya” jelasnya.

Nayla mengaku tergerak untuk meneliti lebih jauh akan khasiat daun Sirih merah berangkat akan kekhawatirannya dengan penyakit paling mematikan di dunia tersebut lantaran beberapa jenis obat untuk penyakit ini tidak lagi ditanggung BPJS Kesehatan.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 7 Kabupaten Pinrang mengaku akan membantu anak didiknya untuk mengembangkan teh herbal pencegah kanker tersebut

“Kami akan memfasilitasi keduanya mengembangkan penelitian,” sebutnya.

Komentar

Rekomendasi

Aksi Anak Muda Makassar Produksi APD Gratis untuk Tenaga Medis Covid-19

Wagub Andi Sudirman Ngopi Bareng Arief Rosyid dan Ismail Bahtiar

Telkomsel Ajak Pelanggan di Makassar Nonton Bareng Milea

Sah! Awang Darmawan Pimpin Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar

Jangan Ki’ Lupa Dukung Karina Widjaja, Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2020

Akan Maju di Pilkada Makassar, Dokter Ini Disebut Calonnya Milenial

Dokter Fadli Ananda Bangun Balla Caradde untuk Milenial

Unhas Gandeng OK OCE Indonesia, Sepakat Kembangkan UMKM

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar