Pelantikan Arung Tuwung, Bupati Barru : Mari Pelihara Lontara

Pelantikan dan pengukuhan pemangku adat Arung Tuwung dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh di rumah adat Arung Tuwung, Sumpang Binangae, Kabupaten Barru, Sabtu 21 Oktober 2018
Pelantikan dan pengukuhan pemangku adat Arung Tuwung dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh di rumah adat Arung Tuwung, Sumpang Binangae, Kabupaten Barru, Sabtu 21 Oktober 2018

Terkini.id, Barru – Pelantikan dan pengukuhan pemangku adat Arung Tuwung dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh. Acara dilaksanakan di rumah adat Arung Tuwung, Sumpang Binangae, Kabupaten Barru, Sabtu 21 Oktober 2018.

Pada pelantikan dan pengukuhan itu turut hadir Ketua Devisi Advokasi Kebijakan Mapan Raya, Yudilfan Raya Habib Datu Monti, Kedutaan Soppeng, Andi Tantu Datu Galib, Kerajaan Barombong, Andi Syaifuddin Karaeng Serang, Lembaga Adat Ammatoa Bulukumba, H. Mansyur Embas.

Lembaga Adat Kerajaan Siang Pangkep, Andi Hayatuddin  Daeng Pabali, Akkarungeng Belawa atau Datu Belawa Wajo, Andi Bau Herlina Datu Sulolipu, Kerajaan Bone, Andi Baso Hamid, Lembaga Adat Tojeng Karaengta, Karaeng Naro, M. BA, Ketua Panitia, Andi Haeruddin, SH, Dandim 1405 Mallusetasi, dan Kapolres Barru, serta sejumlah tokoh kerajaan lainnya.

Bupati Barru Suardi Saleh memberikan selamat kepada pemangku adat Arung Tuwung yang baru saja dilantik dan semoga kedepannya melaksanakan tugas dengan baik.

“Selamat kepada pemangku adat yang baru dilantik, dan tentunya amanah yang dipundak ini kedepannya akan menjadi sarana dalam memajukan Kabupaten Barru, dan bagaimana menumbuhkembangkan budaya di setiap kerajaan,” ungkapnya.

Suardi berpesan kepada Arung Tuwung yang baru dikukuhkan. Salah satu peninggalan sejarah yang menyimpan berbagai aspek kebudayaan suku bangsa yang memiliki aksara sendiri ialah naskah.

Orang bugis adalah salah satu suku bangsa yang beruntung memiliki aksara sehingga aspek kebudayaan pada masa lampau masih dapat tersimpan dalam naskah lontara.

“Mari kita pelihara naskah lontara yang ada dalam suku bugis, dan tentunya naskah itu menjadi acuan tentang kebudayaan yang ada sejak masa lampau,” tegasnya.

Komentar

Rekomendasi

Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Masiga Barru

Gubernur Sulsel Apresiasi Kinerja Pemerintahan Bupati Suardi Saleh

Di HUT ke-60, Bupati Suardi Saleh Paparkan Program Peningkatan Tahun 2019

Dewan Minta Bina Marga Segera Perbaiki Jembatan Ambles di Barru

Fasilitas Pengolahan Limbah B3 Bakal Dibangun di Kabupaten Barru

Ini Alquran yang Dipegang Sopir Truk saat Jatuh di Jembatan Bojo Barru

HUT ke-60, Barru Buka Pendaftaran Jalan Santai Berhadiah Umrah

Sambut Hari Jadi ke-60, Pemkab Barru Gelar MTQ

Bertolak ke Jakarta, Bupati Barru Paparkan Program Peduli Tenaga Kerja

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar