Pelindo IV Investasikan Rp1,403 Miliar di Pelabuhan Luwuk

PT Pelindo IV

MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali melakukan upaya pengembangan pelabuhan di wilayah kerjanya. Kali ini investasi sebesar Rp1,403 miliar diberikan pada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulwesi Tengah.

“Investasi sebesar Rp1,403 miliar dalam bentuk 1 unit Pilot Station dan 2 unit Pilot House di KUPP Luwuk,” kata General Manager Pelindo IV Cabang Pantoloan, Adi Sutrisno, Senin, 20 Februari 2017.

Dia menyebutkan, pilot station dan pilot house yang dibangun merupakan fasilitas sarana pemanduan kapal, kerja sama dengan PT Donggi Senoro (DS) LNG.

Adapun pilot station dalam bentuk kantor dan fasilitasnya dibangun dengan tipe 38,5. Sementara pilot house lanjut Adi, yaitu berupa rumah tinggal pandu dibangun dengan tipe 44,5.

“Pembangunan tersebut bukti eksistensi Perseroan untuk melakukan optimalisasi pemanduan di wilayah kerja KUPP Luwuk,” jelasnya.

Pada Sabtu, 18 Februari, Pelindo IV dan PT Donggi Senoro LNG sudah melakukan peresmian penggunaan dua fasilitas tersebut yang dihadiri Direktur SDM dan Umum Pelindo, Riman S. Duyo, Bupati Banggai Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo serta manajemen DS LNG di KUPP Luwuk, Banggai.

Baca :Pelindo IV Resmi Operasikan TUKS dan Tersus di Kaltim

Adi berharap dengan investasi tersebut, Perseroan tidak hanya melakukan kerja sama untuk pelayanan pemanduan dengan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Donggi Senoro LNG, tetapi juga dapat melakukan kerja sama dengan TUKS lainnya yang berada di wilayah perairan Luwuk.

“Termasuk juga melayani pemanduan di pelabuhan umum yang dikelola oleh KUPP dan Badan Usaha pelabuhan (BUP) swasta lainnya,” terangnya.

Andini Ristyaningrum