Pemakzulan Gubernur Sulsel Ditentukan di Paripurna DPRD, Panitia Hak Angket Potong Ayam

Ketua Panitia Hak Angket, Kadir Halid potong ayam sebagai simbol keberanian panitia hak angket dalam mengeluarkan rekomendasi, di DPRD Sulsel, Jumat 16 Agustus 2019. /Nasruddin

Terkini.id — Pemakzulan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman bakal ditentukan pada rapat paripurna dengan agenda pembahasan rekomendasi Panitia Hak Angket, di Gedung DPRD Sulsel, Jumat 16 Agustus 2019.

Wakil Ketua Panitia Hak Angket, Arum Spink mengatakan, rekomendasi pemakzulan sudah menjadi bahan diskusi yang dibahas di masing-masing fraksi.

“Mengenai bagaimana endingnya, nanti akan dibahas di rapat paripurna,” kata Arum Spink ketika menerima pendemo yang mengatasnamakan Koalisi Gerakan Rakyat Sulsel, di Lantai 2 Gedung Tower DPRD Sulsel, Jumat 16 Agustus 2019.

Sementara itu, Ketua Panitia Hak Angket, Kadir Halid yang juga ikut menerima pengunjuk rasa mengungkapkan beberapa rekomendasi yang akan dikeluarkan oleh Panitia Hak Angket.

Yang pertama, mengusulkan ke penegak hukum, untuk melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan tindak pidana.

Kedua, mengusulkan pemberhentian sejumlah nama yang sampai saat ini masih dirahasiakan. Ketiga bubarkan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) dan masih ada lagi rekomendasi yang sampai saat ini dirahasiakan oleh Panitia Hak Angket.

“Rekomendasi panitia hak angket menyimpulkan bahwa gubernur Sulsel secara sah dan menyakinkan mengambil kebijakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan terhadap lima poin materi hak angket,” beber Kadir yang juga politisi Partai Golkar Sulsel ini.

Beberapa pelanggaran gubernur yaitu, melanggar melakukan pengangkatan PNS, pemecatan pejabat tinggi pratama, korupsi kolusi nepotisme (KKN), kemudian pengangkatan Tim TGUPP.

“Semua dugaan panitia hak angket terbukti dalam persidangan. Apa yang dilanggar, UU ASN, UU no 14, UU no 5 tahun 2014 tentang manajemen ASN. Itu semua dilanggar berdasarkan hasil persidangan,” ungkapnya.

Setelah menerima pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Koalisi Gerakan Rakyat Sulsel, Kadir Halid melakukan potong ayam sebagai simbol keberanian panitia hak angket.

Komentar

Rekomendasi

Surya Paloh: Nurdin Abdullah Sosok Pemimpin yang Mendapatkan Dukungan Luas

Silaturahmi ke Gubernur dan Kejati Sulsel, PDIP Singgung Soal Pilkada 2020

Masuk Jajaran TGUPP Sulsel, M Roem: Gubernur Minta Untuk Kepentingan Rakyat

Tiga Politisi Masuk Dalam Jajaran TGUPP Sulsel

Gubernur Serahkan Lahan Untuk Kantor PDIP Sulsel di Jalan Karunrung

Wagub Hadiri Perayaan Akbar Hari Jadi Luwu Ke-752 dan Perlawanan Rakyat Luwu Ke-74

Pengemudi Online Minta Kenaikan Tarif, DPRD Dorong Pemprov Terbitkan Pergub

Amankan Aset Senilai Rp21 Triliun, Ketua KPK Apresiasi Pemprov Sulsel

Top, Kanwil BPN Sulawesi Selatan Sabet Penghargaan Kinerja Terbaik 2019

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar