Pembiayaan Multiguna Syariah Banyak Peminat, BSM Makassar Target Tinggi

Area Manager Bank Mandiri Syariah, Ilyas Ibrahim
Area Manager Bank Mandiri Syariah, Ilyas Ibrahim (kanan).

Terkini.id, Makassar – Kredit multiguna tidak cuma ada di bank konvensional. Perbankan syariah juga menyiapkan alternatif pembiayaan yang lebih menguntungkan.

Bank Syariah Mandiri (BSM) di Makassar, misalnya, mencatat pertumbuhan pembiayaan serbaguna yang signifikan.

Untuk fasilitas pembiayaan jenis ini, BSM punya produk yang diberi nama ‘mitraguna’.

“Mitraguna ini adalah pembiayaan konsumer, untuk rumah tangga, masyarakat yang mau beli kendaraan, renovasi rumah, serta keperluan-keperluan lainnya,” terang Area Manager Bank Mandiri Syariah, Ilyas Ibrahim, Kamis 15 Februari 2019.

Untuk fasilitas pembiayaan ini, BSM bisa memberikan fasilitas pembiayaan hingga Rp 500 juta, dengan jangka waktu angsuran hingga 15 tahun.

BSM sendiri menjadikan fasilitas pembiayaan multiguna tersebut sebagai produk utama untuk menggenjot bisnis di tahun ini.

Untuk BSM Makassar yang membawahi 4 daerah, mulai dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, serta Maluku tersebut, mencatat portofolio untuk pembiayaan mitraguna sudah mencapai hingga Rp430 miliar hingga saat ini.

“Pembiayaan mitra guna kita itu tumbuh hingga sekitar Rp 15 miliar per bulan, dari rata-rata pertumbuhan pembiayaan konsumer kita yang mencapai Rp40 miliar per bulan,” terang dia.

BSM juga mencatat jumlah nasabah yang menjadi debitur mitraguna yang mencapai lebih dari 3.000 akun (NOA).

Garap Pegawai Kementerian

Ilyar menambahkan, BSM masih punya potensi untuk menambah user lagi, karena tengah membangun sama dengan sekitar 100 instansi.

“Karena pembiayaan ini menyasar para pekerja yang gajinya dibayarkan secara payroll di Bank Syariah Mandiri,” tambah dia lagi.

Beberapa instansi yang sudah digandeng dengan melakukan MoU, seperti Kementerian Agama, Kemenkumham, Kementerian Keuangan dan sejumlah instansi lainnya.

Menurut Ilyas Ibrahim, tingginya peminat pembiayaan multiguna tersebut salah satunya karena gerakan ‘hijrah’ ke Bank Syariah yang cukup tinggi.

Karena itu, BSM memperkirakan pertumbuhan pembiayaan baru untuk Mitraguna pada tahun ini bisa mencapai hingga Rp 250 miliar dengan debitur baru hingga 1.500 akun.

Berita Terkait
Komentar
Terkini