Pembukaan Porda XVI di Pinrang Meriah, NA: Kita Siap Tuan Rumah PON

Terkini.id, Pangkep – Pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XVI di Kabupaten Pinrang berlangsung meriah. Ribuan atlet dan official cabang olahraga dari seluruh kabupaten/kota se Sulawesi Selatan serta masyarakat memadati stadion Lasinrang, Minggu 23 September 2018.

Selain atlet dan official, pimpinan daerah dari 24 kabupaten/kota se Sulsel juga hadir. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) yang hadir bersama sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel yang membuka kompetesi olahraga terbesar tingkat provinsi ini. Kedatangan NA disambut dengan tari Paduppa.

Seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel dan forkopimda tingkat kabupaten/kota juga hadir.

Pembukaan diawali dengan tarian massal dari 500 siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Pinrang. Ratusan gadis muda ini membawakan tari Assidenganna Pinrang dengan berbagai formasi dan membawa bendera beragam warna.

Dalam laporannya, Ketua panitia Porda ke XVI, Islamuddin mengatakan dalam porda sebanyak 28 cabang olahraga dipertandingkan. Jumlah atlet sebanyak 3786 dan wasit/juri 624.

“Dalam Porda XVI akan mempertandikang 28 cabor dan 5 cabor eksebisi. Total medali emas 369, perak 370 dan perunggu 495,” kata Islamuddin.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdulla dalam sambutannya berharap Porda XVI menjadi wadah untuk menjaring arlet berprestasi yang akan mewakili Sulsel ditingkat yang lebih tinggi. Porda di Pinrang juga akan memberi dampak ekonomi yang baik bagi daerah tempat penyelenggaraan porda.

Ia juga menyayangkan pembinaan atlet berprestasi selama ini yang dinilainya tidak fokus sehingga menyebabkan atlet tidak bisa maksimal mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi.

“Saya berharap di Porda Kabupaten Pinrang ini akan lahir bibit atlet yang akan kita persiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON),” kata NA.

“Kelemahan kita, atlet berprestasi tapi setelah kompetisi selesia, ia kembali sebagai honorer atau PNS. Seharusnya ia diperlakukan khusus agar bisa terus mempersiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya,” lanjutnya.

Mantan Bupati Bantaeng ini berjanji akan berupaya menghadirkan pelatih internasional untuk meningkatkan kemampuan atlet. Dia juga berharap, Sulsel mempersiapkan diri untuk mendaftar sebagai tuan rumah PON.

Kegiatan ini dibuka dengan penekanan sirine, pelepasan ratusan balon udara dan burung dara dan pembakaran obor tanda dimulainya Porda XVI. Porda XVI akan berlangsung hingga 30 September mendatang.

Love
Haha
Wow
Sad
Angry
[tdcn-comments title="Komentar" post_id="114501" get="20" border="true" auto_load="true" order="ASC"]
Terkini
Pinrang

Nurdin Abdullah Puji Kemajuan Pinrang

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Pinrang ke-59 tahun yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pinrang, Selasa 19