Pemerintah Pusat Anggarkan Rp3 Triliun Proyek Kereta Api Sulsel, Namun Ini Kendalanya

Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady. /Fb: Hamka B Kady

Terkini.id — Pemerintah Pusat menganggarkan sebesar Rp3 triliun yang bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2019, untuk proyek kereta api Sulsel.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady, ketika ditemui di Makassar, Selasa 16 April 2019.

Menurut Hamka, anggaran Rp3 triliun tersebut telah disetujui oleh Komisinya yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi & Geofisika.

“Target sasaran kita bagaimana jalur kereta api itu sampai Palanro Kabupaten Barru yang terkoneksi sampai Pelabuhan Garongkong Pangkep,” ungkap Hamka yang juga Calon Legislatif (Caleg) Golkar DPR RI Dapil Sulsel I ini.

Meskipun anggarannya sudah ada, namun proyek tersebut belum bisa dikerjakan, sebab masih dalam proses tender. Selain itu pembebasan lahan juga masih menjadi persoalan mega proyek tersebut.

“Uangnya sudah ada, tapi kendala di lapangan itu terkait pembebasan lahan yang belum tuntas,” ujarnya.

Olehnya itu, dia berharap, Pemerintah Daerah bisa membantu menyelesaikan persoalan pembebasan lahan.

“Apapun infrastruktur yang dibangun, kalau pembebasan lahan tidak memadai, tidak dibantu dengan baik, itu akan menghambat pembangunan. Dana sudah ada, bagaimana mau ditender, bagaimana mau dikerjakan kalau masih bersoal pembebasan lahan,” pungkasnya.

Komentar
Terkini
Lutra

DPPKB Rakerda Program Pembangunan Keluarga di Lutra

Terkini.id,Lutra - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan