Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah Jatuh pada Jumat 24 April 2020

Menteri Agama RI
Menteri Agama RI Fachrul Razi

Terkini.id, Jakarta – Pemerintah bersama sejumlah ormas Islam dan ahli astronomi sepakat menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Penetapan itu berdasarkan hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang isbat dihadiri terbatas secara fisik, mengingat masih dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sedangkan peserta mengikuti sidang isbat secara daring.

Sidang dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi. Hadir pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi.

“Akhirnya kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadhan 1441 H jatuh pada esok hari atau bertepatan hari Jumat 24 April 2020,” kata Fachrul, dikutip dari Detikcom.

Menarik untuk Anda:

Di Kota Makassar, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyelenggarakan kegiatan observasipengamatan hilal1 Ramadan 1441 hijriah, Kamis 23 April 2020.

“Hilal tidak teramati karena kondisi cuaca sempat turun hujan,” ungkap Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, Kamis 23 April 2020.

Pengamatan BMKG kali ini berbeda karena dilakuan secara mandiri di rooftop Gedung BMKG Makassar.

Berbeda dengan sebelumnya, pengamatan kali ini tidak dilakukan secara bersama-sama dengan Kanwil Agama Propinsi Sulsel dan ormas Islam lainnya.

Kendati begitu, hasil pemantauan hari ini akan dilaporkan kepada Kanwil Agama Propinsi melalui daring. Setelah itu, akan diteruskan kepada Kementerian Agama Pusat di Jakarta.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Makassar,” kata Kepala Observasi BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman.

Terlebih, saat ini, Kota Makassar telah ditetapkan sebagai zona merah alias pusat epidemi penyebaran Covid-19 di Sulsel.

Kasubag Umum dan Humas Kanwil Sulsel Haji Zul mengatakan pengamatan hilal berlangsung sore hari.

“Pemantauan dilaksanakan dari lantai 3 kantor BMKG Wilayah IV pada pukul 05:00 WITA,” kata dia.

Dia mengatakan pemantauan hilal disiarkan langsung melalui aplikasi zoom dengan mengundang sejumlah pemangku kepentingan.

Selain itu, bisa juga disaksikan secara live streaming melalui Youtube. “Kita siarkan secara live streaming melalui Youtube,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Menag Putuskan Masjid Istiqlal Tak Akan Gelar Salat Idul Adha

Kembalikan Temuan Duit Rp 500 Juta, Petugas Kebersihan KRL: Itu Hak Orang

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar