Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Penyakit gula
Makanan dan Minuman Pemicu Penyakit Diabetes. Sumber : kompas.com

Melansir dari Kompas.com, beberapa makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah serat seperti tepung putih, nasi, roti putih dan pasta adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga lebih cepat berubah menjadi glukosa dan menimbulkan lonjakan gula darah dan insulin. Inilah menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes.

Makanan karbohidrat. Sumber : hellosehat.com

Untuk amannya selain mengatur porsi karbo dalam menu harian, sebaiknya memilih jenis karbo dari jenis karbohidrat serat atau karbohidrat kompleks.

Karbohidrat jenis serat ini terdapat dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh (nasi merah, oatmeal, roti gandum bisa menjadi pilihan untuk sumber energi harian.

Selain menghasilkan energi, makanan jenis karbo serat ini juga kaya serat dan nutrisi seperti vitamin dan mineral.

2. Hindari Makanan yang Mengandung lemak Jenuh

Menarik untuk Anda:

Makanan sumber lemak jenuh  dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan resistensi insulin sehingga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Makanan yang kaya dengan lemak jenuh dan lemak trans antara lain daging merah, daging olahan seperti sosis, nugget, ham, mentega, selai kacang, krimmer keju, susu tinggi lemak, kripik kentang, kue, makanan cepat saji.

Bagi mereka yang memiliki risiko diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti : ikan, tempe, tahu, kacang-kacangan, alpukat

3. Hindari Minuman Manis

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman manis bisa memicu penyakit diabetes tipe-2. Gula menyebabkan kadar gula darah meningkat dan resistensi insulin.

Minuman manis. (foto: klcbs.net)

Studi penelitian mengungkap minum 1-2 gelas minuman manis setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 hingga 26%.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

Begini Cara Menjaga Lingkar Perut Normal

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar