Pemilu 2019 Jeneponto dibagi 5 dapil, tokoh masyarakat ini berpeluang jadi wakil rakyat

Daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Jeneponto pada pemilihan umum 2019/Syarief

Terkini.id,Jeneponto – Komisi pemilihan umum (KPU)  Republik Indonesia telah menetapkan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota di wilayah provinsi Sulawesi Selatan.

Penetapan daerah pemilihan dan dan alokasi kursi DPRD provinsi dan Kabupaten/kota di provinsi Sulsel itu tertuan dalam keputusan nomor 290/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018.

Keputusan KPU RI tersebut atas pertimbangan untuk melaksakan ketentuan pasal 23 ayat 2 dan ayat 3 peraturan KPU no 16 tahun 2017 tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota dalam pemilihan umum.

Berdasarkan keputusan KPU RI tersebut, daerah pemilihan di kabupaten Jeneponto mengalami perubaha dan penambahan Dapil dari 4 Dapil  menjadi 5 Dapil.

Pada pemilu yang lalu,  Jeneponto di bagi atas empat daerah pemilihan, yakni, Dapil 1 meliputi Kecamatan Binamu dan Turate, Dapil 2 meliputi Kecamatan Batang, Arungkeke, Tarowang, Kelara dan kecamatan Rumbia, Dapil 3 Kecamatan Tamalatea dan Bontoramba sedangkan Dapil 4 Bangkala dan Bangkala Barat.

Menarik untuk Anda:

Itu berubah menjadi 5 dapil pada pemilihan umum 2019 dengan penetapan dapil yakni, Dapil 1 Binamudan Turatea, Dapil 2 Bontoramba Tamalatea, Dapil 3 Bangkala dan Bangkala Barat, Dapil 4 Kecamatan Kelara dan Rumbia serta Dapil 5 Batang, Arungkeke dan Tarowang.

Meskipun ada penambahan Dapil namun jumlah kursi DPRD Jeneponto  tidak  bertambah tetap sebanyak 40 kursi yang terdiri dari, Dapil I sebanyak 10 kursi, Dapil II sebanyak 9 kursi, Dapil III sebanyak 8 kursi, Dapil IV sebanyak 6 kursi, dan Dapil V sebanyak 7 kursi.

Dengan perubahan dan penambahan dapil itu memberikan peluang kepada Tokoh masyarakat Kecamatan Rumbia untuk duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Jeneponto.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kapolres Jeneponto Diganti, Ini Sosok Penggantinya

Hadiri Rapat Paripurna, Ketua DPRD Jeneponto Tak Tandatangani Berita Acara

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar