Makassar Terkini
Masuk

Pemkab Bulukumba Gandeng BNI Sediakan Transaksi Non Tunai di Pintu Masuk Bira

Terkini.id, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba sebagai pengelola pintu masuk Kawasan Tanjung Bira, menggandeng Bank BNI untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung melalui penerapan transaksi non-tunai di pintu masuk Kawasan Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan.

Di sini, BNI menyediakan layanan Kartu Tapcash yang bisa digunakan pengunjung untuk membayar retribusi di pintu masuk Kawasan Wisata Tanjung Bira. 

Diketahui, Kartu Tapcash ini merupakan uang elektronik pengganti uang tunai yang dapat diisi ulang dan digunakan untuk pembayaran di merchant-merchant kerjasama BNI.

Adapun penggunaan kartu Tapcash ini dimulai pada hari ini, Senin 15 November 2021. Diketahui juga bahwa pada hari ini Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf secara resmi meluncurkan kartu Tapcash pada pelaksanaan Apel Gabungan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba, di halaman Kantor Bupati, pagi tadi.

Menariknya, Kartu Tapcash tersebut bergambar obyek wisata yang ada di Kabupaten Bulukumba, seperti Kawasan Titik Nol dan Kawasan Ammatoa Kajang.

Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf mengatakan sektor pariwisata harus didukung oleh layanan teknologi digital, utamanya dalam mengelola manajemen pendapatan daerah. Olehnya pemerintah daerah melakukan terobosan melalui penggunaan kartu elektronik di tempat wisata.

“Selain memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan uang elektronik, penggunaan Kartu Tapcash ini juga untuk memaksimalkan penerimaan PAD melalui sistem yang dibangun,” kata Andi Utta.

“Berharap penggunaan kartu elektronik seperti itu bisa diterapkan di pintu masuk pasar dan tempat layanan publik lainnya untuk memudahkan masyarakat dan pemerintah sebagai penyelenggara layanan publik,”sambungnya.

Semata itu, Pimpinan Kantor Cabang Bulukumba BNI, Heruny Said mengemukakan penyediaan kartu Tapcash merupakan salah satu bagian dari layanan BNI Smart City. 

Menurut dia, program Smart City adalah salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan yang lebih efektif.

“Layanan ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan transparansi publik melalui sistem elektronik, serta memudahkan dalam efisiensi pengelolaan sistem,” bebernya.

“Sebelumnya, pihak BNI juga telah kerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah terkait pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) melalui aplikasi Mobile Banking,”tutupnya.