Masuk

Pemkab Jeneponto Luncurkan Pusat Pemasaran Hasil Produk Kelompok Tani dan UMKM

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten Jeneponto launching Baruga Pakoko Smart sebagai pusat informasi sekaligus pemasaran hasil produk kelompok Tani, KWT, lembaga pangan masyarakat (LPM), PKBM dan UMKM.

Launching Baruga Pakoko oleh Bupati, Iksan Iskandar berlangsung di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, jalan Abd Jalil Sikki, Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu, 15 Juni 2022.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Kadis Perdagin dan Kadis PMD Pemkab Jeneponto.

Baca Juga: Pemkab Jeneponto Raih Penghargaan Badan Publik Daerah Cukup Informatif

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Hartawan GS, dalam laporannya menjelaskan, Baruga Pakoko Smart diharapkan menjadi wadah untuk memfasilitasi kelompok Tani, KWT, lembaga pangan masyarakat (LPM), PKBM dan UMKM dalam upaya  memasarkan produknya sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas. 

“Alhamdulillah berkat sinergi dan kerjasama banyak pihak, Baruga Pakoko Smart dapat diluncurkan hari ini, yang tentunya sangat diharapkan untuk meningkatkan pemasaran hasil karya kelompok tani dan pelaku UMKM,”ujarnya 

Bupati, Iksan Iskandar dalam sambutannya, mengaskan untuk  mendorong optimalisasi pemasaran produk pangan melalui Baruga Pakoko Smart.

Baca Juga: Evaluasi Pendamping Gizi Lokus ASS, Wabup Tekankan Percepatan Penurunan Stunting

“Baruga Pakoko Smart resmi beroperasi sebagai center point pemasaran produk pangan masyarakat Jeneponto,” kata Iksan Iskandar.

Lebih lanjut, Iksan Iskandar mengatakan, kehadiran baruga Pakoko smart akan memberi dampak positif dalam upaya pemasaran produk pangan daerah.

“Kita berharap agar sebelum memasarkan produk pangan, para pengurus Baruga Pakoko dibekali dengan pelatihan dan pengetahuan tentang produk yang berkualitas sekaligus cara packing yang lebih menarik, bagus dan higienis,” harapnya.

Bupati Jeneponto dua periode itu pun mengapresiasi inisiatif Dinas Ketahanan Pangan untuk memperlancar pemasaran produk yang dihasilkan Kelompok Tani dan pelaku UMKM.

Baca Juga: Pemkab Jeneponto Belum Tangani Korban Banjir di Desa Pappaluang

“Terima kasih Dinas Ketahanan Pangan yang telah menghadirkan Baruga Pakoko Smart, kita berharap kedepan produk pangan masyarakat dapat menuai progres, baik produksi maupun pemasarannya,”ujarnya.