Masuk

Pemkab Jeneponto Pusatkan World Cleanup Day 2022 di Pantai Kampung Sicini

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan gelar bersih-bersih pantai dalam pencanangan World Cleanup Day 2022, di pantai Kampung Sicini’ Kecamatan Arungkeke, Minggu, 25 September 2022.

Kegiatan yang mengangkat tema ” kami 13 juta menuju Indonesia bersih dan bebas sampah” dihadiri Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Imam Taufiq Bohari, Sekda Arifin Nur, para Kepala OPD, Camat dan para Kepala Kelurahan dan Desa serta ribuan masyarakat. 

25 September 2022 merupakan puncak pencanangan World Cleanup Day atau aksi gotong royong bersih-bersih lingkungan terbesar dunia yang akan diadakan serentak di 191 negara dan seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Jeneponto Kerjasama Baznas Serta UIN dalam Pengelolaan Zakat dan Pendidikan

Hal itu disampaikan oleh ketua panitia pelaksana pencanangan World Cleanup Day, Abdul Rahmat yang juga menjabat selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan LB3 Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto saat menyampaikan laporannya.

Rahmat juga melaporkan, kegiatan bersih Lingkungan dilaksanakan serentak di 11 Kecamatan yang di Kabupaten Jeneponto.

“Dalam melaksanakan kegiatan ini kita melibatkan anggota TNI dan Polri, Karang Taruna, TP PKK dan siswa dari beberapa sekolah SMP dan SMA,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati dan Wabup Jeneponto Lepas Peserta Jalan Santai Meriahkan HKN Ke-58

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan pencanangan World Cleanup Day.

“Tujuan kegiatan ini untuk menggerakkan semua elemen masyarakat dalam membersihkan lingkungan, yang tentunya merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan hidup,” kata Iksan Iskandar.

Lebih lanjut Bupati Jeneponto dua periode itu menegaskan aksi bersih-bersih lingkungan bukan hanya dilakukan dalam pencanangan World Cleanup Day, namun harus dibudayakan di setiap instansi.

“Kalau kita lihat instansi vertikal sudah membudayakan bersih-bersih lingkungan, kantor Polres, Kodim, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama kita lihat bersih, kenapa kantor instansi Eksekutif yang seharusnya mengeksekusi dan kantor legislatif yang mengawasi tidak bersih, untuk itu mari kita budayakan bersih-bersih lingkungan,” tegas Iksan Iskandar.

Baca Juga: Pengurus Pordi Jeneponto Resmi Dilantik, Bupati Harap Domino Dipertandingan di PON

Iksan pun mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, dimana Bupati Jeneponto yang menjadi sebagai contoh bagi OPD lainnya untuk membudidayakan bersih-bersih lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang walaupun mungkin setengah-setengah namun jajarannya sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan ini,” ungkap Iksan Iskandar.

Ketua DPD II partai Golkar Jeneponto itu pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam kegiatan pencanangan World Cleanup Day 2022.