Pemkab Lutra Gelar Seminar Kajian Falsafah Budaya Masyarakat Adat

Pemkab Lutra Gelar Seminar Kajian Falsafah Budaya Masyarakat Adat

Terkini.id,Lutra – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Badan penelitian dan pengembangan Daerah Kabupaten Luwu Utara bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sains Teknologi (LP2ST) Tana Luwu menyelenggarakan Seminar Akhir Kajian Falsafah Budaya Masyarakat Adat di ruang rapat Wakil Bupati Luwu Utara Selasa 16 Juli 2019.

Turut pada kegiatan tersebut Asisten ekonomi pembangunan Buramin Dannu, kepala kejaksaan negeri Luwu Utara Indawan Kuswadi, kepala Balitbangda Luwu Utara Anugerah Ali Anwar, Direktris LP2ST Tana Luwu Sharma Hadeyang SE, M. Si, dan para pemangku adat.

Asisten Ekonomi pembangunan dalam sambutannya menyampaikan kita adalah kerajaan yang tertua dan terbesar namun tenggelam karena budaya-budaya yang ada di luar.

Buramin Dannu juga berharap Berharap kajian ini tidak hanya melahirkan kesimpulan namun dapat melahirkan sesuatu yang memang nantinya dapat diwariskan kepada anak cucu kita.

Buramin Dannu juga menyampaikan bahwa dari sudut pandang pemerintahan daerah kajian ini sejalan dengan visi kabupaten Luwu Utara yang menegaskan agar pembangunan yang dilaksanakan harus senantiasa berlandaskan pada nilai kebijakan dan kearifan yang luhur tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Luwu Utara.

Hanya saja kata dia mengingat kabupaten Luwu Utara adalah bagian dari keluarga besar Tana Luwu atau Wija To Luwu maka tentu kajian ini tidak boleh mengabaikan nilai-nilai masyarakat Tanah Luwu secara keseluruhan baik yang masih terpendam maupun yang sudah terealisasi.

“Saya berharap agar semua dapat berkontribusi aktif dengan menyampaikan pikiran ide atau informasi yang berguna dalam kegiatan ini hanya dengan demikian rekomendasi yang dihasilkan dalam kajian ini betul-betul relevan dengan kebutuhan Pemda komunitas adat dan masyarakat pada umumnya,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini