Pemkot Makassar Tingkatkan Jangkauan dan Kualitas Pelayanan Kesehatan ke Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin

Terkini,id,MakassarKepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan pemerintah tengah melakukan berbagai upaya peningkatan derajat kesehatan. Di antaranya, kata dia, upaya pelayanan dasar kesehatan.

“Ini merupakan langkah yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata dia kepada Terkini, Selasa, 25 Juni 2019.

Ia menilai pemberian layanan kesehatan secara tepat dan cepat mampu mengatasi masalah kesehatan pada masyarakat.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, Ia mengatakan Kota Makassar tengah meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan pada masyarakat.

“Juga menyediakan ruang yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah khususnya di bidang kesehatan,” kata dia.

Terpisah, Asisten I Pemkot Makassar Bidang Pemerintahan, Andi Aziz Hasan, mengatakan tantangan dalam peningkatan derajat kesehatan bergantung kesiapan puskesmas itu sendiri.

“Ini bisa dikonkritkan antara laporan yang disampaikan kepala Puskesmas dengan kenyataan yang ada,” ujarnya.

Semua Puskesmas yang ada di Kota Makassar, kata dia, telah dilengkapi dengan Home Care, kendaraan yang 24 jam siap siaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

Sekadar tambahan, upaya optimalisasi peningkatan mutu dan kinerja pelayanan kesehatan sesuai peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat.

Selain itu, Permemkes nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Praktik Mandiri dokter Gigi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini