Pemkot Palopo gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2019

Plt Wali Kota Palopo Andi Arwien Aziz, SSTP. menghadiri pelaksanaan Musrenbang Kota Palopo Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kota Palopo, Tahun 2019 yang dilaksanakan di Saodenrae Convention Center, Rabu, 21 Maret 2018.

Terkini.id, Palopo – Plt Wali Kota Palopo Andi Arwien Aziz, SSTP menghadiri pelaksanaan Musrenbang Kota Palopo dalam rangka penyusunan RKPD Kota Palopo, Tahun 2019 yang dilaksanakan di Saodenrae Convention Center, Rabu, 21 Maret 2018.

Dalam sambutannya, Andi Arwien menyampaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Palopo merupakan forum antar para pelaku pembangunan guna menyusun rencana kerja pembangunan Daerah (RKPD) Kota Palopo tahun 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, Andi Arwien, menyampaikan Musrenbang Kota Palopo merupakan forum antar para pelaku pembangunan guna menyusun rencana kerja pembangunan Daerah (RKPD) Kota Palopo tahun 2019 mendatang.

Lanjutnya, pelaksanaan Musrenbang ini juga merupakan amanat dari undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan melalui Musrenbang tersebut diharapkan menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapakan program dan kegiatan untuk Kota Palopo.

“Musrenbang inilah dilaksanakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Daerah, termasuk penguatan tata kelola pemerintah dalam upaya mempercepat reformasi birokrasi dan pelayanan prima aparatur kepada publik,” ungkap Arwien.

Arwien juga menyampaikan kesyukurannya atas pembangunan yang telah dilaksanakan bersama oleh Pemerintah Kota Palopo dan seluruh lapisan masyarakat beserta stakeholders yang telah menunjukkan perubahan dan keberhasilan dari tahun ke tahun.

“Atas pembangunan yang telah dilaksanakan bersama ini terlihat pembangunan daerah yang merata berkualitas dan berkelanjutan. Sesuai dengan tema Musrenbang kali ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Palopo, Drs. Firmanza, pada kesempatan itu menjelaskan bahwa Musrenbang kali ini, merupakan upaya mempertimbangkan kesinambungan peningkatan kualitas perencanaan pelaksanaan pembangunan kota palopo yang telah dicapai serta intensifikasi terhadap isu strategis pelaksanaan program pembangunan pemerintah kota Palopo sesuai dengan tema yang ada.

Firmanza juga menyampaikan tujuan kegiatan kali ini adalah menyempurnakan rancangan awal RKPD menjadi rancangan RKPD tahun 2019, dengan mengacu pada UU yang berlaku. Dengan harapan Musrenbang Kota Palopo dapat meberikan masukan mengenai aspirasi dan dinamika dalam rangka penyusunan perangkat RKPD tahun 2019.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Staf Ahli kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan Ir. H. Salim, MM. Saat membuka pelaksanaan Musrenbang menyampaikan tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Dimana, daerah wajib menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sebagai bentuk penjabaran dari dokumen rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) setiap tahunnya.

“Ini tertuang dalam UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 386, mengamanatkan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaran pemerintahan daerah, maka daerah dapat melakukan inovasi yang tetap berpegangan pada prinsip meningkatkan efisiensi, efektivitas perbaikan kualitas pelayanan,” ungkap Salim.

Lanjutnya, Musrenbang di kabupaten Kota juga harus sejalan dengan Visi dan Misi Transisi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan 2005-2025 yaitu Sulawesi Selatan menjadi Provinsi Terkemuka Di Indonesia Dengan Pendekatan Kemandirian Lokal Yang Bernafaskan Keagamaan.

Adapun peserta dari Musrembang terdiri dari pimpinan DPRD, anggota DPRD, pimpinan SKPD, pimpinan unit kerja, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan perbankan se Kota Palopo, Pimpinan OPD, Camat , Lurah, kepala sekolah, masyrakat Kota Palopo.

Selain PJS Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis, SSTP, Sekda Kota Palopo H.Jamaluddin, turut hadir Ketua DPRD Kota Palopo Harisal A. Latief, S.Pi, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Staf Ahli bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Staf Ahli Bidang Kesejahtraan Rakyat Kota Palopo Dr. H. Suyuti Yusuf, Asisten II Kota Palopo Taufiq M.Kes Ners,M.Si, Asisten III Kota Palopo Munasirah, Kepala BPKAD Kota Palopo Drs. H. Hamzah Jalante, M.Si, Kepala BAPPEDA Kota Palopo Drs. Firmanza, Kapolres Kota Palopo diwakili, Dandim 1403 Sawerigading diwakilk, Kejari Kota Palopo diwakili, Kepala OPD, Kepala SKPD, Camat Dan Lurah beserta Tamu Undangan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Palopo

Pemkot Palopo Apresiasi Gelaran Semantik Uncok

Terkini.id, Palopo - Universitas Cokroaminoto (Uncok) Palopo Fakultas Teknik Komputer menggelar seminar nasional teknologi informasi dan komputer (Semantik) yang digelar di Aula Universitas Cokroaminoto Palopo