Pemkot Palopo jalin kerjasama dengan Bandung wujudkan smart city

Plt Wali Kota Palopo, Andi Arwin Aziz

Terkini.id, Palopo – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palopo saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan Kominfo Kota Bandung guna penerapan smart city di Kota Palopo.

Kominfo bersama Anggota Komisi II DPRD Kota Palopo berkunjung ke Bandung, guna memahami terkait penerapan Smart City. Kadis Kominfo Kota Palopo, Baso Akhmad, saat dikonfirmasi Makassar Terkini membenarkan kunjungan tersebut.

Menurut Baso Akmad, penerapan smart city di Palopo tinggal menunggu waktu. Berdasarkan laporan Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Teknologi Informasi Kominfo Palopo, Ilham Tahang kepadanya, bahwa  perjanjian Kerjasama (PKs) sudah ada. Sisa menunggu penandatangan pada tanggal 13 Maret mendatang.

Menurut Mantan Kabag Humas Pemkot Palopo ini, Kominfo Kota Palopo memilih Bandung karena dinilai saat ini Baandung merupakan daerah yang implementasi smart city-nya paling bagus. ” Salah satu kota yang bagus di Indonesia soal implementasi smart city adalah Bandung. Sehingga Infokom  bersama DPRD berkunjung ke sana. Nantinya, melalui aplikasi smart city, semua proses pelayanan administrasi melalui online. Seperti untuk pelayanan di RS, bisa mengambil antrean melalui online sehingga memudahkan masyarakat,” ungkap Baso Akmad.

Lanjutnya untuk pengimplementasiannya di Palopo, Kominfo Palopo per januari 2018 sudah memasang sebanyak 18 unit tower atau Micro Cell Pole (MCP) di sejumlah titik strategis di Kota Palopo. Dimana anggarannya dibiayai oleh provider. ” saat ini sudah ada 14 MCP yang berfungsi. Rencana masih ada penambahan di tahun 2018 ini, kita tunggu koordinasi dari provider,” kata Baso.

Baca juga:

Sementara itu, Kabid infrastruktur dan pengembangan teknologi informasi Kominfo Palopo, Ilham Tahang, mengungkapkan saat ini kominfo juga tengah melakukan survey pemetaan tempat strategis untuk pemasangan MCP karena disitu nantinya juga akan dipasang CCTV. Khusunya di wilayah perkantoran.

Menurut Ilham, smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

“Langkah ini juga merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan workshop Apeksi Smart City yang diadakan di Kendari dan Gorontalo beberapa waktu lalu,” jelas Ilham.

Diketahui, Bandung adalah salah satu daerah terbaik dalam pelaksanaan smart city yang dikelolah UPT Pusat Manajemen Informasi Pemerintah Bandung.

Kominfo Palopo Bersama Anggota Komisi II DPRD Kota Palopo saat berkunjung ke UPT Pusat Manajemen Informasi Pemerintah Kota Bandung.

Komentar

Rekomendasi

Pemkot Palopo Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Klarifikasi Dinas PUPR Palopo Soal Isu Pembangunan Talud

Kelima Kalinya, Pemkot Palopo Raih Opini WTP

Beredar Surat Edaran Terkait Belajar dari Rumah Diperpanjang, Ini Kata Kadisdik Palopo

Disdik Palopo Tegaskan Belajar dari Rumah Masih Berlaku Sampai 1 Juni

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar