Pemprov Sulsel Mulai Buka Pendaftaran Pegawai Kontrak PPPK, Kebanyakan Guru

Terkini.id, Makassar – Anda yang tidak lolos seleksi CPNS tahun lalu, masih punya kesempatan untuk menjadi pegawai kontrak.

Kesempatan untuk menjadi pegawai kontrak atau biasa disebut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), mulai dibuka hari ini, Minggu 10 Februari 2019.

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengungkapkan, Pemprov Sulsel membuka pendaftaran secara online mulai hari ini.

Terkait PPPK ini, pemerintah menjamin gaji pegawai yang dianggarkan melalui APBD.

Cuma untuk Honorer

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengungkapkan, rekrutmen pegawai PPPK tersebut cuma untuk honorer.

Pemerintah pun memberi kuota PPPK sebanyak 511 orang untuk Pemprov Sulsel, untuk tahap awal.

Menurutnya, seleksi PPPK tersebut uma dikhususkan kepada honorer, baik kategori satu atau dua ini.

Ashari menambahkan, rekrutmen PPPK tersebut berupa 510 untuk guru honorer, dan satu kuota untuk honorer tenaga kesehatan.

Tiga Fase Pembukaan

Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN RB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan bahwa rekrutmen P3K menurut rencana akan terbagi menjadi dua fase rekrutmen.

“Fase pertama dilaksanakan pada pekan keempat pada bulan Januari 2019,” ujar Setiawan.

Sementara, fase kedua akan diselenggarakan setelah pemilihan umum yang akan berlangsung pada bulan April 2019.

Rekrutmen P3K juga akan dilakukan melalui seleksi, di mana terbagi menjadi dua tahap yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Syarat dan Ketentuan

Berdasarkan informasi yang peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, batas usia minimal peserta PPPK adalah 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan tertentu.

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama melamar menjadi PPPK untuk Jabatan Fungsional (JF) dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar

8. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

9. Penyampaian semua persyaratan pelamaran sebagaimana dimaksud diterima paling lama 10 (sepuluh) hari kerja sebelum pelaksanaan seleksi.

Kuota PPPK Tahap Pertama di Sulsel

Dilansir dari berbagai sumber, adapun kuota PPPK yang dibuka pemerintah di berbagai daerah di Sulsel antara lain:

Enrekang: 181
– 144 guru
– 37 penyuluh pertanian

Sidrap: 131
– 99 guru
– penyuluh pertanian 27

Parepare: 133

Bantaeng: 355
– 346 guru
– 9 penyuluh pertanian

Jeneponto: 909
– 2 kesehatan
– 12 penyuluh pertanian

Takalar: 551
– 478 guru
– 1 kesehatan
– 72 penyuluh pertanian

Gowa
– 510 guru
– 1 kesehatan
– 63 penyuluh pertanian

Barru 124
– 111 guru
– 13 penyuluh

Pemprov Sulsel
– 510 guru
– 1 kesehatan

Daerah belum punya kejelasan kuota: Pangkep, Sinjai.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bulukumba

Breaking News: Buruh PT Lonsum Mogok Kerja

Terkini.id,Makassar – Seribuan karyawan baik pabrik dan kebun PT London Sumatera (Lonsum) di Bulukumba, perusahaan perkebunan bergerak di industri perkebunan kelapa sawit dan karet, kembali
News

Terima Kasih Pembaca, Terkini.id 16 Tahun

Terkini.id, Makassar - Tanggal 7 Juli 2019 lalu, media Makassar Terkini yang telah bertransformasi dari majalah menjadi media online terkini.id, merayakan ulang tahun ke-16.Sejumlah