Pemuda di Makassar memiliki potensi yang besar

Ketua HIPMI Sulsel, Herman Heizer

Terkini.id, Makassar– Setiap pemuda memiliki potensi yang besar menjadi pengusaha. Hal tersebut diungkapkan Ketua Hipmi Sulawesi Selatan Herman Heizer saat hadir sebagai pembicara mengenai bagaimana mengembangkan kewirausahaan bagi pemuda pada diskusi publik yang bertema “meningkatkan potensi pemuda dalam kewirausahaan dan kepemimpinan dalam pembangunan, Selasa, 20 Maret 2018 kemarin.

“Indonesia mengalami tren yang positif dan signifikan menuju kepada negara yang semakin berdaulat secara ekonomi. Kalau kita baca-baca hasil riset lembaga independen, posisi Indonesia sebagai negara tempat paling nyaman untuk berinfestasi,” ucap Herman

Herman melanjutkan kuantitas pengusaha di Indonesia masih tertinggal dari beberapa negara Asean yang lain meski telah menembus angka 3,15. Malaysia misalnya mencapai 5%, juga dengan Singapura. Hipmi sendiri sedang memperjuangkan Undang-undang kewiraisahaan nasional, dan sekarang telah dalam proses penggodokan di DPR, dan ditargetkan Desember 2018 sudah disahkan.

“Untuk mempersiapkan diri, sebab era sekarang adalah harus bersaing head to head, bukan saja dari Makassar tapi juga dari luar Makassar. Jika kita tidak mempersiapkan diri, maka kita hanya akan menjadi penonton di tanah kita sendiri,” ucap Herman.

Masih kata Herman pemuda di Makassar memiliki potensi yang sangat besar. Berdasarkan hasil riset ada sekitar 50% pemuda berkeinginan menjadi pengusaha, sementara 30% ingin menjadi PNS.

Terakhir Ia berpesan yang terpenting adalah memiliki keinginan yang kuat, yang penting kita ada usaha yang keras, karena kalau sudah seperti itu maka kita akan dibukakan jalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Makassar, Deng Ichal menjelaskan bahwa perputaran uang di kota Makassar cukup besar,yakni mencapai 145 trilyun.

“Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi pemuda untuk melibatkan diri dalam perputaran uang yang cukup besar tersebut melalui wirausaha”, pukasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini