Penelitian Anak-anak SMA Ini Konyol, Lucu, Unik, dan Menyegarkan

Ilustrasi penelitian jempol kaki / Terkini.id
Ilustrasi penelitian jempol kaki / Terkini.id

Terkini.id, Jakarta – Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati Swiss German University (SGU) menyelenggarakan Indonesia Fun Science Award (IFSA). Mencari penelitian konyol tapi mengejutkan.

Kompetisi ini mengajak siswa SMA atau sederajat di seluruh Indonesia mengamati fenomena sederhana di sekitar tempat tinggal mereka. Kemudian mencari jawaban, lewat penelitian atau karya ilmiah.

Kompetisi IFSA mengajak siswa Indonesia mengenal dunia penelitian. Tapi tidak selalu berhubungan dengan hal-hal serius. Siswa meneliti dengan cara menyenangkan, unik, dan lucu. Tapi menggunakan metode ilmiah.

Kompetisi berlangsung dari Agustus 2018 hingga Januari 2019. Pemenang utama akan jalan-jalan gratis ke Jerman.

IFSA adalah kompetisi penelitian ilmiah pertama di Indonesia yang mensyaratkan pesertanya mengangkat tema yang lucu dan bisa jadi tidak penting. Tapi punya tujuan besar membantu perdamaian dunia, krisis energi, atau meningkatkan pendapatan negara.

Panitia telah menerima 123 karya dari 21 provinsi di Indonesia. Setelah diperiksa dewan juri, terpilih 20 karya tulis yang paling lucu, unik, dan menyegarkan.

Para finalis masih harus bersaing. Melakukan pemaparan di depan dewan juri. Karya tulis terbaik berhak mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Jerman.

Final akan diselenggarakan Sabtu 9 Maret 2019 di Tangerang. Apakah sekolah Anda berhasil masuk dalam 20 besar finalis yang berhak mempresentasikan karya ilmiahnya di Tangerang, untuk berlomba mendapatkan hadiah utama jalan-jalan ke Jerman?

Berikut 20 judul karya tulis atau penelitian yang terpilih :

Indonesia Fun Science Award
20 Finalis Indonesia Fun Science Award
Berita Terkait
Komentar
Terkini