Pengadilan Agama Bantaeng keluarkan dispensasi kawin di bawah umur

Plt Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Bantaeng Ruslan

Terkini.id,Bantaeng – Terkait pernikahan dini pasangan sejoli di Bantaeng,Plt Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Bantaeng Ruslan Saleh mengatakan bahwa alasan mengapa pihaknya memberikan dispensasi kepada SY dan FA dikarenakan karena keluarga kedua belah pihak khawatir dengan perilaku kedua remaja ini.

Menurut Ruslan berdasarkan hasil wawancara dengan kedua remaja ini dan pihak keluarganya, pasangan ini sering pergi bersama sehingga ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Katanya sudah sering pergi berdua duan sehingga orang tuanya takut kalau tidak dinikahkan anak ini berbuat hal yang melanggar hukum agama dan hukum adat”,jelas Ruslan.

Ruslan juga mengatakan selama ini pihak pengadilan agama juga tidak serta merta memberikan dispensasi kepada pasangan dibawah umur yang ingin menikah.

“Ada dua yang kami tolak,jadi tidak semua kami beri dispensasi kawin”,tambahnya lagi.

Sebelum mengeluarkan dispensasi kawin kepada pasangan dibawah umur, biasanya pihak pengadilan agama tambah Ruslan terlebih dahulu memberikan wejangan baik   kepada pasangan yang mau menikah dan juga kepada keluarga kedua belah pihak terkait apa saja resiko yang dihadapi pasangan yang menikah di usia dini agar bisa dipertimbangkan lagi sebelum melangkah lebih jauh.

“Biasanya kami berikan saran bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pernikahan dini,tapi biasa keluarganya ngotot”,jelasnya lagi.

Syamsuniar Malik Kabid PPPA Bantaeng mengatakan pendampingan yang selanjutnya diberikan kepada SY dan FA seperti dari psikologis dan nanti akan difasilitasi untuk ikut ujian paket C nanti.

“Kalau bisa nanti kita sarankan jangan hamil dulu,kasian masih muda”,jelasnya.