Pengamat Politik Pesimis Mahfud MD Akan Jadi Cawapres Anies Baswedan
Komentar

Pengamat Politik Pesimis Mahfud MD Akan Jadi Cawapres Anies Baswedan

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik Jamiluddin Ritonga merasa pesimis jika Mahfud MD akan ditunjuk sebagai Cawapres Anies Baswedan.

Menurut Jamiluddin Ritonga, walaupun Mahfud MD telah mempunyai pengalaman yang mumpuni di pemerintahan, tetapi dari segi elektabilitas, ia masih tertinggal jauh.

“Suka tidak suka, elektabilitas Mahfud hingga saat ini sangat rendah. Elektabilitasnya masih jauh bila dibandingkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),” ujar Jamiluddin Ritonga, dilansir dari suara.com, jaringan terkini.id, Jumat 21 April 2023.

Oleh karenanya, ia yakin mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu tidak akan dapat menaikkan perolehan suara Anies Baswedan di Pemilu 2024 nanti.

“Elektabilitas Anies tidak akan terdongkrak bila didampingi Mahfud. Hal itu akan membuat peluang Anies menang menjadi kecil,” katanya.

DPRD Kota Makassar 2023
Baca Juga

Selain hal tersebut, pakar politik dari Universitas Esa Unggul ini berpendapat Anies Baswedan dan Mahfud MD sama-sama mempunyai ego yang tinggi.

“Sebab, masing-masing sosok akan menonjolkan egonya. Hal ini akan menyulitkan untuk mencapai titik kesepakatan. Jadi, ada peluang Anies dan Mahfud akan sulit untuk bekerjasama dalam kesetaraan,” tuturnya.

“Dua sosok ini mungkin baik untuk berdiskusi, tapi akan sulit untuk mencapai kesepakatan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Mahfud MD juga tidak termasuk dalam kriteria Cawapres Anies Baswedan yang diusung oleh Jusuf Kalla.

“Kalau merujuk pada kriteria Jusuf Kalla, maka Mahfud belum masuk untuk menjadi cawapres Anies,” ucapnya.