Penghina istri Bupati Sidrap ditangkap polisi

Terkini.id, Makassar – Pelaku pengujar kebencian MUG (38) diamankan oleh Ditrerkrimsus Polda Sulsel setelah menghina salah satu calon Bupati Sidrap di sebuah group Facebook Pilkada Sidenreng Rappang 2018.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pelaku melakukan ujaran kebencian terhadap Fatmawati Rusdi, salah satu calon bupati Sidrap yang juga istri dari Bupati Sidrap saat ini, Rusdi Masse (RMS).

“Pelaku MUG ini menyebarkan ujaran kebencian ke grup Facebook Pilkada warga Sidrap. Karena tidak ingin diketahui identitasnya saat beradu argumentasi didalam group pelaku menggunakan akun palsu bernama Gofur Mun Farid lengkap dengan foto profil dan identitas pribadi,” jelas Dicky saat merilis kasus ini Mapolda Sulsel, Selasa 13 Maret 2018.

Dicky mengtakan pelaku MUG ini memanipulasi akun Facebook-nya dengan menggunakan nama orang lain yakni Gofur Mun Farid yang juga pengguna medsos Facebook.

“Dalam kasus ini MUG berhasil diamankan di Pangkajenne dengan barang bukti dua unit smartphone yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya di group facebook pilkada Sidenreng Rappang 2018 beberapa waktu lalu,”

Baca :Facebook dan Google awasi ujaran kebencian dunia maya

Awal Februari lalu dia menulis status di grup Facebook Pilkada Sidenreng Rappang 2018 yang bernada kebencian.

Sehingga kata Dicky pelaku tersebut dikenakan ancaman pasal 35 Jo pasal 51 ayat 1 dan atau pasal 27 ayat 3 Jo pasal 45 ayat 3 UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

“Dengan rincian pidana paling lama 12 tahun atau denda paling banyak 12 miliar,” tutur Dicky