Pengunjung Tanjung Bayang Makassar Dihebohkan dengan Aktivitas Ritual di Tepi Pantai

Tanjung Bayang
Seorang wanita paruh baya diduga melakukan ritual sesajian di tepi Pantai Tanjung Bayang Makassar. (Foto: Instagram @Makassar_iinfo)

Terkini.id, Makassar – Belum lama ini pengunjung di Pantai Tanjung Bayang Makassar dihebohkan dengan pemandangan beberapa orang yang diduga melakukan ritual sesajian di tepi pantai.

Kejadian tersebut diketahui dari kiriman foto dan video netizen bernama Neni Kasim kepada akun Instagram, @Makassar_iinfo, Jumat 21 Juni 2019.

Dalam kiriman foto dan videonya, terlihat seorang wanita paruh baya duduk bersila, sementara di depannya terpapar daun dan bunga yang diduga merupakan sesajian.

Wanita paruh baya tersebut juga didampingi oleh 4 perempuan lainnya yang terlihat memegang kain untuk melindungi sang wanita itu dari panas terik matahari.

Dalam video sang netizen, tampak ‘sesajian’ dibawa ke laut

Tanjung Bayang
Daun dan bunga yang diduga sesajian dibawa beberapa orang ke laut Pantai Tanjung Bayang. (Foto: Instagram @Makassar_iinfo)

Dari keterangan sang netizen, aktivitas yang diduga merupakan ritual itu juga diiringi dengan suara gendang.

“Potret hari ini, jumat 21 Juni 2019. Di tanjung bayang Makassar. Menikmati indahx pantai tiba2 ada gemuruh suara gendang, sy kira ada iringan pengantin yg mau pesta pantai ala2 seleb… Eeh… Ternyata iringan masyarakat yg ingin membuat suatu ritual di tepi pantai…,” tulis Neni Kasim dalam caption kirimannya ke akun Instagram Makassar iinfo.

Pada foto lainnya, terlihat seorang pria paruh baya berada di samping wanita itu. Dengan mengenakan kopiah dan baju muslim, pria tersebut berpose layaknya orang yang sedang berdoa dalam agama Islam.

Sementara dalam video kirimannya, tampak daun dan bunga yang diduga sesajian tersebut dipanggul oleh beberapa pria dan dibawa ke laut.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti identitas sang wanita dalam foto viral tersebut dan apa yang dilakukannya di tepi Pantai Tanjung Bayang itu.

Komentar warganet

Tanjung Bayang
Seorang pria paruh baya tampak sedang membaca doa di samping sang wanita. (Foto: Instagram @Makassar_iinfo)

Unggahan tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Beberapa diantaranya mengatakan aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang dalam foto itu merupakan perbuatan Syirik.

“Apakah kita diajarkan dalam islam untuk syirik??TIDAKK!!!Dalam islam kita tidak diajarkan berbuat syirik klo gini sdh syirik nmnya. Ini namanya menduakan Allah, sesuatu itu semua kehendak Allah bukan lautan tmpt kita meminta pertolongan tapi dari Allah lah kita meminta,” tegas akun @nisaajafar.

“Adkah diajarkan nabi bgini? Tdk menyalahi ji syariat ini? Atau sengaja memang napancing2 murkanya Allah?” kata akun @ichxan92.

“Ke ingat di pantai talise PALU 28 SEPTEMBER 1 hari sebelum tsunami ada Ritual seperti ini. Semoga allah selalu melindungi,” ucap akun @andirukmana_makeup.

Berita Terkait
Komentar
Terkini