Pengurus Baru di 33 UKM di Unhas Dilantik, Ini Pesan Wakil Rektor III

Terkini.id, Makassar – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof Dr drg A Arsunan Arsin MKes melantik pengurus baru dari 33 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Auditorium Prof Amiruddin, Minggu 10 Februari 2019.

Pelantikan ini juga dihadiri Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Ir Andi Darwin MM dan Direktur Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) Abdullah Sanusi SE MBA PhD.

Pelantikan 33 Ketua UKM Periode 2019 ini ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh masing-masing ketua yang terpilih, disaksikan oleh Wakil Rektor III, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Direktur DAPK. Setelah penandatanganan, para ketua UKM juga mengambil sumpah jabatan yang dipimpin langsung Wakil Rektor III.

Dalam sambutannya, Prof Arsunan mengatakan UKM adalah tempat berhimpun mahasiswa Unhas untuk mengelaborasi talenta dan bakat mahasiswa. Sejauh ini, UKM juga telah menyumbang banyak prestasi dan mengharumkan nama universitas.

“Alhamdulillah UKM Unhas sangat maju. Tingkat partisipasinya juga semakin meningkat, baik di internal ataupun eksternal,” kata Prof Arsunan.

Prof Arsunan menegaskan, pada tahun 2018 lalu target prestasi UKM di Unhas telah terlampau pada bulan Oktober, sehingga pada akhir tahun, prestasi UKM telah melampaui target universitas. Itulah salah satu alasan, tahun ini Unhas masih menghadirkan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur POSK (Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan) untuk menjaring mahasiswa berbakat.

“Di jalur POSK kita merekrut yang berprestasi, ada rekam jejak prestasinya sehingga kalau sudah terdaftar, selain akademik juga bisa aktif di UKM,” katanya.

Untuk memaksimalkan pencapaian prestasi UKM, Prof Arsunan mengatakan akan melakukan penataan kalender kegiatan agar semua UKM aktif selama masa kepengurusan dan akan mengevaluasi kegiatan mereka setiap tahunnya. Termasuk memaksimalkan pendanaan dalam setiap lomba yang diikuti oleh mahasiswa baik skala nasional maupun internasional.

“Kami membuat kebijakan akan membantu semaksimal mungkin. Jadi kepada mahasiswa sebaiknya memilah kompetisi yang punya daya ungkit universitas,” ujar Prof Arsunan.

Dalam kesempatan ini, Unhas juga memberi apresiasi para ketua UKM yang baru saja dimisioner berupa piagam penghargaan. Piagam ini diserahkan oleh Direktur DAPK dan Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan.

Menata Pusat Kegiatan Mahasiswa

Salah satu poin penting yang akan dilakukan Bidang Kemahasiswaan tahun ini adalah menata Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Diketahui sejak Juli 2018, gedung PKM yang terletak di dekat Lapangan Sepak Bola Unhas, telah direnovasi dengan anggaran Rp 2,7 miliar.

Prof Arsunan mengatakan, salah satu programnya tahun ini adalah mengelola PKM sebaik mungkin, termasuk penataan kebersihan dan ketertiban mahasiswa di dalamnya. Sebagai langkah awal, Wakil Rektor III bersama UKM akan menggelar rapat bersama untuk penggunaan ruangan PKM.

“Paling lambat awal Maret kita akan panggil UKM-UKM untuk rapat bersama peruntukan ruangan setiap UKM,” katanya.

DAFTAR UKM YANG DILANTIK

1. Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unhas (KSR PMI)
2. Teater Kampus
3. Unit Persatuan Catur
4. UKM Hockey
5. Menwa Satuan 701
6. UKM Renang
7. Liga Film Mahasiswa
8. UKM Bola Basket
9. Shorinji Kempo
10. UKM Softball-Baseball
11. Unit Tenis Meja
12. UKM Pantun dan Seni Kreatif
13. UKM Gerakan Pramuka
14. UKM Sepak Bola
15. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
16. Unit Debat Bahasa Inggris
17. UKM Bola Voli
18. UKM Taekwondo
19. UKM Bulutangkis
20. UKM Fotografi
21. Lembaga Dakwah Kampus MPM
22. Unit Tenis Lapangan Mahasiswa (Utilma)
23. Korps Pencinta Alam (Korpala)
24. UKM Perbakin
25. UKM Karate Do
26. Koperasi Mahasiswa (Kopma)
27. SAR Unhas
28. UKM Pencak Silat
29. Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM)
30. UKM Seni Tari
31. UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI)
32. Radio Kampus EBS FM
33. Forum Bersama.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Milenial

Permitech Expo Akan Digelar di Makassar

Terkini.id, Makassar – Permitech Expo wadah bagi mahasiswa informatika, sistem informasi, ilmu komputer, dan manajemen informatika di seluruh Indonesia akan digelar di Kota Makassar.Andi
Kampus

Pengurus Baru KMS UNM Resmi Dilantik

Terkini.id, Makassar - Pengurus Kesatuan Mahasiswa Sinjai Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dilantik. Pelantikan yang dirangkaikan dengan rapat kerja tersebut bertempat di Menara Phinisi
Kampus

KPU Makassar Sosialisasi di Kampus UIM

Terkini.id, Makassar - Lembaga Advokasi Pendidikan Anak Rakyat (Lapar) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar gencar melakukan sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi pada Pemilu