Penting untuk Tubuh, Ini Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan

Terkini.id, – Omega-3 memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan tidak perlu diragukan fungsi pentingnya untuk tubuh.

Omega-3 merupakan lemak tak jenuh yang banyak terdapat pada makanan laut seperti ikan salmon, tuna, tongkol, sarden dan juga terdapat pada makanan lain seperti telur, minyak zaitun, minyak kanola, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Kita tahu bahwa mengonsumsi lemak dapat mengganggu kesehatan, namun bedanya jenis lemak pada omega-3 adalah jenis asam lemak sehat sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak bahkan membantu mengurangi risiko kanker.

Dengan takaran yang tidak berlebihan kita bisa mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Omega-3 ada tiga yaitu asam alfa-linoleat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA).

Adapun jenis omega-3 yang banyak terdapat pada minyak ikan atau pada makanan laut adalah jenis asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang termasuk di dalamnya yang banyak mengandung omega-3 sangat direkomendasikan asupannya 1-2 porsi per minggu.

Berikut 8 manfaat Omega-3 untuk kesehatan tubuh

Melansir dari alodokter.com, salah satu nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit adalah Omega-3.

Kita bisa mengonsumsinya dari makanan dalam bentuk asupan harian atau dalam bentuk suplemen minyak ikan yang banyak dijual di apotik atau di toko tertentu.

Manfaat Omega-3 untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Omega-3 bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah penyumbatan di pembuluh darah yang diakibatkan penumpukan kolesterol.

Mengonsumsi Omega-3 secara rutin akan membuat aliran darah di dalam tubuh tetap lancar sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu Omega-3 membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit kardio seperti tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung

2. Mencegah Risiko Kanker

Sifat dari Omega-3 dari berbagai riset menunjukan bahwa omega-3 memiliki sifat antiradang dan antikanker. Hal ini sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker jenis apa saja di dalam tubuh sehingga risiko kanker bisa diminimalisir.

Selain itu, kita tetap disarankan untuk selalu menjalani hidup sehat sembari mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega-3.

Berhenti merokok, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan menjalani pola makan yang sehat serta berolahraga teratur setiap hari adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

3. Memaksimalkan Fungsi dan Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu nutrisi yang baik untuk otak adalah mengonsumsi omega-3, karena kandungannya diketahui sangat baik untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit pada otak seperti alzheimer dan demensia.

4. Menjaga dan Memelihara Kesehatan Mata

DHA merupakan struktur lemak utama pada retina mata, sehingga apabila kita kekurangan DHA maka dapat menyebabkan gangguan mata dan dapat menimbulkan penyakit akibat penuaan seperti degenarasi makula.

Untuk menjaga kesehatan mata maka perlu rutin mencukupi asupan omega-3 dalam keseharian kita.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Sendi

Beberapa penelitan menemukan bahwa Omega-3 yang dikonsumsi secara rutin dan tercukupi di dalam tubuh dapat meningkatkan kekuatan tulang dan sendi.

Kandungan Omega-3, sifatnya memiliki antiradang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi nyeri sendi sehingga bisa terhindar dari penyakit rematik.

6. Memelihara Kesehatan Mental

Omega-3 baik untuk kesehatan otak dan bisa meningkatkan kinerja otak dengan baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi omega-3 dapat mencegah gangguan mental seperti stres, depresi dan gangguan rasa cemas.

7. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Manfaat dari omega-3, sangat penting untuk tumbuh kembang janin di dalam perut ibu, terutama untuk membantu perkembangan saraf dan otaknya.

Di masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 karena manfaatnya mendukung tumbuh kembang janin serta kecerdasan sehingga kelak bayi yang dilahirkan tumbuh kuat dan sehat. Selain itu membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.

8. Meningkatkan dan Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kandungan Omega-3 dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit seperti penyakit flu, Covid-19 dan penyakit lainnya.

Mengingat pentingnya Omega-3 untuk kesehatan tubuh, disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini sebanyak 1,1-1,6 gram perharinya untuk orang dewasa dan 0,7-0,9 gram perhari untuk anak-anak.

Meski sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, sakit kepala dan diare.

Pastikan dalam keseharian tidak melewatkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 seperti ikan, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jika dirasa kurang, kita bisa mencukupi kebutuhan omega-3 dengan mengonsumsinya dalam bentuk suplemen omega-3 sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan produk.

 

Bagikan