Perbaiki kualitas hasil penelitian, LPM Penalaran UNM adakan Monev

Mahasiswa UNM ikuti pelatihan seminar proposal LPM UNM/ Zainap LPM UNM.

Terkini.id, Makassar – Sebanyak 14 kelompok Peserta PMP XXI mengikuti Monitoring dan evaluasi (Monev) di fakultas Geografi FMIPA UNM.

Kegiatan ini merupakan lanjutan perekrutan anggota LPM Penalaran UNM dalam menghasilkan anggota baru yang ahli dalam penelitian. Selama berlangsungnya Monev, peserta menerima masukan dari Penanggap terkait penyelesaian penelitian lapangan.

Monev ini sendiri merupakan salah satu tahapan sebelum melakukan seminar hasil.

Seperti yang diungkapkan oleh Agusman selaku Ketua Umum Lpm Penalaran UNM periode 2017-2018. Ia mengatakan Monev tempat peserta PMP XXI yang melakukan penelitian untuk menerima masukan agar hasil penelitian yang dihasilkan bagus.

“Harapannya hasil dari monev ini dapat segera ditindak lanjuti oleh para peserta sehingga penelitian yang dilakukan berjalan baik dan benar” kata Agus Senin 16 April 2018.

Wahyudin selaku Ketua panitia mengungkapkan bahwa Monev ini sangat baik dilakukan karena permasalahan atau kesalahan dapat diketahui lebih awal sebelum akhirnya diseminar hasilkan.

” Monev adalah salah satu agenda yang sangat baik untuk dilakukan karena pada monev tim peneliti akan dievaluasi mengenai sejauh mana perkembangan penelitian yang mereka teliti sehingga nantinya penelitian mereka mendapat hasil yang baik, bukan hanya sekedar penelitian yang dipaksakan untuk diselesaikan” ujarnya.

Baca :LPM Penalaran UNM Gelar Talkshow dan Expo Penelitian

Di tempat yang sama Ahmad Fadhil salah satu Ketua kelompok yang melakukan Monev mengungkapkan bahwa monev memberikan dampak positif bagi calon peneliti

“Menurut saya hasil monev yang telah berlangsung, banyak memberi dampak positif bagi kelompok saya, seperti kekeliruan kami dalam pengambilan sampel, dan cara mewawancarai responden yg harusnya baik dan benar” kata Fadhil

Lebih lanjut, Mahasiswa jurusan Psikologi ini semakin bersemangat untuk menyelesaikan penelitian bersama kelompoknya setelah diberikan masukan di monev.

“Kami semakin bersemangat untuk menyelesaikan penelitian guna menciptakan hasil yang lebih baik saat mempersentasikan hasil penelitian kami pada seminar hasil nantinya tanggal 21 April 2018” tutupnya.