Pererat Solidaritas, 43 Komunitas Bold Riders di Makassar Masak Bareng untuk Momen Spesial Ini

Terkini.id, Makassar – Cara unik dilakukan oleh komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Makassar untuk makin mengakrabkan dan menjaga solidaritas antarkomunitas. 

Mereka diminta masak bersama di momen spesial yakni buka bersama.

Kegiatan ini merupakan bagian dari acara buka bersama nasional (Bukbernas) di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia yang juga dilakukan di Makassar. 

Di Makassar ada 43 komunitas motor yang hadir dari lima kabupaten kota, yakni dari Bold Riders di Kabupaten Pangkep, Takalar, Maros, Gowa, dan Kota Makassar.

Koordinator Bold Riders Makassar Hilmy Ibrahim mengatakan berbagai acara kreatif dan menarik dilakukan oleh komunitas motor dalam mengisi waktu sebelum buka puasa tiba. 

Para anggota Bold Riders itu hadir di Community Hope, yang merupakan rumah kreatif untuk komunitas Indonesia timur berbagai kategori di Makassar, termasuk motor.

“Terdaftar ada 130 peserta yang hadir di lokasi pada Sabtu pekan lalu, jumlah tersebut sebetulnya dibatasi karena kami melakukan pembatasan sosial, per komunitas hanya boleh diwakili tiga orang saja,” kata dia, Minggu, 1 April 2022.

Sebelum acara inti dimulai seratusan anggota Bold Riders dari penjuru Makassar dan sekitarnya ini kemudian bersama-sama menggelar rolling city di sekitar lokasi, yakni di Jalan Arteri AP Pettarani. 

Mereka secara tertib menggelar rolling city selama 30 menit sebelum kembali berkumpul di basecamp bersama yakni Community Hope.

Saat tiba di tempat ini, para anggota komunitas lalu salat jamaah dan makan takjil. Setelah itu mereka langsung diberikan tantangan untuk masak bersama dengan dibagi per meja sekitar 10-an orang. 

Anggota komunitas yang sebelumnya hanya kenal wajah ini langsung terlihat akrab lantaran mereka harus berinteraksi untuk masak bersama.

“Mereka diminta memasak daging dengan alat yang tersedia (barberque) di meja untuk menjadi lauk. Diberi waktu 20 menit. Mau tidak mau, mereka harus saling bantu dan saling kenal. Sambil menyiapkan lauk bersama kelompoknya, setiap kelompok diminta plating masakan yang kemudian dijadikan lomba. Semua itu dilakukan sebagai bentuk mempererat silaturahmi antar komunitas, dan akhirnya saling akrab,” urainya.

Acara kemudian berlanjut ke buka puasa bersama sembari menikmati sajian film yang diproduksi oleh kolaborasi komunitas. 

Film yang mengangkat nilai-nilai adat Bugis ini sengaja diputar karena sarat pesan moral, di mana komunitas diingatkan untuk menjunjung tinggi adat budaya, serta tidak lupa untuk berkontribusi ke daerah asal masing-masing.

“Karena semangat komunitas selain menjalin silaturahmi juga diharapkan kehadiran mereka memberikan nilai manfaat kepada yang lain,” pungkasnya. 

Sejumlah komunitas Bold Riders yang hadir adalah: CVC Pangkep, YVCC Maros, CVC Makassar, CMC Makassar, YM3CM Makassar, ABMC Makassar, BNC Makassar, K250+ Makassar, TOC Makassar, BOC Makassar, SBC Makassar, TLC Makassar, HPCI Makassar, DSC Makassar, BMC Makassar.

YCMC Makassar, FM Makassar, MMC Outsiders Makassar, Makassar Racing, Celebes Sunride, R-15 BC Makassar, DRC Makassar, M2M CI Gowa, BVAC Gowa, CVC Gowa, CMC Gowa, R-15 BC Gowa, RBC Gowa, CCG Gowa, MDC Gowa, MXRC Gowa, NMC Takalar.

VECC Takalar, YVCC Takalar, YMIC Takalar, TAMVAC Takalar, XYI Takalar, JOKER Takalar, R-15 BC Takalar, CVC Takalar, RPM Takalar, VTC Takalar, YVCI Maros.

Bagikan