Peringatan Dini: Debit Air Naik di Sungai Ini, Warga Diminta Waspada

Terkini.id, Jakarta – Hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor dalam beberapa hari ini, mengakibatkan debit air di Sungai Ciliwung dan Sungai Cileungsi naik. Oleh karena itu, masyarakat diminta waspada banjir.

Kepala Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan kondisi ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa saat ini terpantau 90 sentimeter atau status Siaga III.

“Pukul 04.00 WIB, air mulai naik ke 70 cm dan pada pukul 05.00 WIB naik 150 cm atau Siaga III. Lalu pukul 07.00 WIB turun ke 120 cm; dan terakhir pukul 08.00 WIB menjadi 90 cm,” kata Andi, Kamis 20 Februari 2020 seperti dikutip di Okezone.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya juga menyampaikan hal tersebut.

View this post on Instagram

Sejak pukul 03.00 tadi muka air di Bendung Katulampa ketinggiannya meningkat terus dan mencapai puncaknya 150 cm pada pukul 05.25 (Siaga 3/Waspada). Ini lebih tinggi daripada puncak pada hari Minggu 8 Februari lalu yang 130 cm.⁣ ⁣ Dari Katulampa butuh 6-9 jam untuk mencapai Pintu Air Manggarai, atau kira-kira jam 11.25-15.25 nanti. Pukul 09.00 tadi puncak air sudah melewati Depok.⁣ Seluruh jajaran mengabarkan peringatan dini (DEWS) ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai Ciliwung untuk bersiaga.⁣ ⁣ Saat ini semua petugas kita bersiaga, teman-teman juga bisa ikut memantau ketinggian muka air lewat JakPantau di aplikasi JAKI. Dan bila membutuhkan bantuan kedaruratan silakan hubungi #JakartaSiaga 112.⁣ ⁣ #OperasiSiagaIbukota⁣ #PeringatanDini⁣ #DisasterEarlyWarningSystem

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Menurut Anies, sejak pukul 03.00 WIB tadi muka air di Bendung Katulampa ketinggiannya meningkat terus dan mencapai puncaknya 150 cm pada pukul 05.25 WIB (Siaga 3/Waspada).

“Ini lebih tinggi daripada puncak pada hari Minggu 8 Februari lalu yang 130 cm,” tulis Anies.⁣

Disebutkan pula bahwa dari Katulampa butuh 6-9 jam untuk mencapai Pintu Air Manggarai, atau kira-kira jam 11.25-15.25 WIB nanti. Pukul 09.00 WIB tadi puncak air sudah melewati Depok.

“Seluruh jajaran mengabarkan peringatan dini (DEWS) ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai Ciliwung untuk bersiaga,” terangnya.⁣

Saat ini kata orang nomor satu di DKI Jakarta ini mengaku semua petugas bersiaga.

“Teman-teman juga bisa ikut memantau ketinggian muka air lewat JakPantau di aplikasi JAKI. Dan bila membutuhkan bantuan kedaruratan silakan hubungi #JakartaSiaga 112,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Terpidana Teroris Abu Bakar Ba’asyir Surati Jokowi, Minta Dibebaskan akibat Corona

Potret Pilu Badut Tetap Cari Nafkah di Dalam Mal yang Sepi akibat Corona

Pintu Pelimpah Bendungan Bili-bili Dibuka, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Hilir Sungai Jeneberang

Keluarga Positif Corona yang Viral Usai Main TikTok Dinyatakan Sembuh

Selain Hina Jokowi, Pria Ini Juga Kedapatan Simpan Video Mesum

Anak Meninggal akibat Corona, Satu Keluarga Dikucilkan dan Diusir Tetangga

Viral, ‘RoboCop’ Tetap Semangat Cari Nafkah Rejeki di Lampu Merah Saat Corona

Beredar Video Wanita Terkapar Sambil Kejang-kejang di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar