Masuk

Peringati Hari Tani Nasional, Mahasiswa hingga Petani Gelar Aksi di DPR, Ribuan Personel TNI-Polri Disiagakan

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Menjelang aksi Demonstrasi Mahasiswa, buruh dan petani di Gedung DPR RI, ribuan personel TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan jalannya aksi demonstrasi peringatan Hari Tani Nasional.

Menurut pernyataan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komaruddin mengatakan jumlah personel yang disiagakan sekitar 4.400 yang merupakan personel gabungan TNI-Polri.

Ribuan personel gabungan ini nantinya ditempatkan di sekitar Gedung DPR/MPR RI yang menjadi titik aksi peringatan Hari Tani Nasional.

Baca Juga: Refleksi Sejarah Hari Tani Nasional, Akar Pokok Lahirnya Undang-Undang Agraria

Untuk menghindari kemacetan lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR RI, telah dilakukan rekayasa lalu lintas yang sifatnya situasional yang didasarkan pada kondisi di lapangan.

“Untuk wilayah Jakarta pusat seluruhnya di siagakan 4,400 personel gabungan TNI-Polri. Situasional melihat kondisi lapangan”, kata Kapolres Metro Jakarta Pusat seperti dikutip dari laman Suara.com jaringan Terkini.id, Selasa 27 September 2022.

Aksi peringatan Hari Tani Nasional ini akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh BEM SI dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak).

Baca Juga: Memperingati Hari Tani Nasional, Formakar Menuntut 6 Poin Reforma Agraria Masa Pemerintahan Presiden Jokowi

Tuntutan Aksi

Adapun aksi ini akan menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah yang akan dimulai dengan isu kesejahteraan petani dan tolak kenaikan harga BBM.

Sebelumnya pada demo peringatan Hari Tani Nasional yang digelar oleh Serikat Petani Indonesia (SPI) pada 24 September 2022 juga menyampaikan tuntutannya, yakni Pemerintah didesak untuk segera melakukan reforma agraria. Tuntutan ini berkaitan dengan pendistribusian Sembilan juta hektar tanah kepada petani.

Petani juga menolak kebijakan Bank Tanah dalam UU Omnibus Law yang dinilai hanya menguntungkan koorporasi dan menjauhkan petani dari lahan atau tanah mereka.

Ribuan Massa Akan Unjuk Rasa di DPR

Diketahui, sebanyak 5000 massa rencananya akan menggelar aksi puncak peringatan Hari Tani Nasional di Gedung DPR/MPR RI pada siang ini. Sekitar 130 organisasi dari Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) yang datang dari berbagai organisasi petani, buruh, lingkungan masyarakat hingga masahasiswa.

Aksi bertajuk Tegakkan Konstitusionalisme Agraria untuk Kedaulatan dan Keselamatan Rakyat ini sebagai tema puncak aksi peringatan Hari Tani Nasional.